Lomba Bergengsi Tingkat Nasional
Dalam dunia bisnis modern, pemahaman akuntansi dan kemampuan merancang rencana usaha yang strategis menjadi dua hal penting yang harus dimiliki oleh generasi muda. Akuntansi bukan hanya soal angka, tetapi juga tentang bagaimana informasi keuangan digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Di sisi lain, business plan atau rencana bisnis menuntut daya pikir kreatif, inovatif, dan kemampuan menganalisis peluang usaha secara tajam. Kedua hal ini menjadi fondasi bagi lahirnya para pengusaha muda dan profesional yang siap menghadapi tantangan masa depan.
Menjawab kebutuhan tersebut, HIMA S1 Akuntansi dan HIMA S1 Manajemen Bisnis Universitas Dinamika menggelar kompetisi bergengsi yang membuka ruang belajar sekaligus ajang unjuk kemampuan bagi para pelajar SMA/SMK. Lomba tersebut bertajuk Djota Game Competition x MANTION (Management Competition). Kedua lomba ini diselenggarakan pada hari Sabtu (26/04/2025) di Ruang Laksda Mardiono, lantai 1 gedung Universitas Dinamika.
Djota Game Competition merupakan lomba akuntansi berbasis permainan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam konsep-konsep akuntansi melalui cara yang menyenangkan dan kompetitif. Mengusung konsep edutainment, kompetisiini menjadi wadah bagi para peserta untuk belajar sambil bermain, sekaligus mengasah logika dan ketelitian dalam menganalisis data keuangan.
Sementara itu, MANTION hadir sebagai ajang bagi para pelajar untuk menuangkan ide-ide bisnis mereka dalam bentuk rencana usaha yang kreatif dan inovatif. Lomba ini mendorong peserta untuk berpikir out of the box, menjawab tantangan dunia usaha yang terus berubah, serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Kedua lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana pengembangan diri yang berharga bagi generasi muda.

Manfaat Djota Game Competition dan MANTION

Ketua pelaksana Djota Game Competition, Ricky Candra Hidayyah, menjelaskan bahwa kompetisi ini dirancang untuk mendorong peserta berpikir lebih dalam saat menyelesaikan permasalahan akuntansi. “Peserta harus menganalisis informasi, menafsirkan data keuangan, serta membuat keputusan yang tepat berdasarkan prinsip akuntansi yang telah mereka pelajari,” ucapnya. Peserta dilatih untuk mengevaluasi situasi, mengidentifikasi kesalahan, dan menemukan solusi yang paling efektif dalam dunia profesional akuntansi.
Selain menganalisis informasi, peserta juga dapat meningkatkan pemahaman konsep akuntansi melalui tantangan berbasis permainan, menumbuhkan minat terhadap profensi akuntansi melalui mekanisme permainan yang interaktif, mengenalkan penggunaan teknologi dalam akuntansi dengan mengenalkan konsep seperti cloud accounting, kercerdasan buatan dalam akuntansi, serta penggunaan blockchain dalam audit dan pencatatan transaksi, sekaligus mengembangkan keterampilan kerja sama dan kompetisi yang sehat.
Di tempat lain, Kieven Axel Wijaya, selaku ketua pelaksana MANTION mengatakan bahwa kompetisi ini menjadi wadah bagi siswa SMA/SMK untuk menuangkan ide-ide bisnis yang mereka miliki. “Dengan mengikuti MANTION, peserta diajak untuk tidak hanya merancang rencana bisnis saja, namun juga merancangnya secara realistis dan terstruktur. Peserta dapat belajar cara research pasar, menyusun strategi untuk pemasaran, menghitung perkiraan biaya pengeluaran dan keuntungan, dan masih banyak lagi,” tuturnya.
Tidak hanya itu saja, Kieven menambahkan bahwa peserta dapat melatih cara mereka berkomunikasi, karena mereka harus mempresentasikan ide bisnis mereka di hadapan dewan juri. “Ini dapat membantu mereka untuk mengembangkan kepercayaan diri, kemampuan public speaking, dan menyampaikan ide bisnis secara efektif,” sambungnya.
Peserta dari Djota Game Competition dan Mantion berasal dari SMA/SMK beberapa daerah, seperti Surabaya, Jombang, dan Kediri. Para peserta terbagi dalam beberapa tim untuk mengikuti kompetisi ini. Lomba Djota Game Competition diikuti oleh 13 tim, sedangkan MANTION diikuti oleh delapan tim. Kedua lomba ini dibuka di Ruang Laksda Mardiono, dan kemudian berlanjut di beberapa ruangan kelas yang ada di gedung Universitas Dinamika.

Pemenang Djota Game Competition x MANTION
Setelah peserta mengikuti rangkaian perlombaan, peserta-peserta yang memenuhi standar penilaian juri pun terpilih jadi pemenang di lomba Djota Game Competition x MANTION. Pemenang kedua lomba ini sebagai berikut:
- Pemenang lomba Djota Game Competition
- Juara 1 – SMKN 1 Jombang (Tim 11)
- Juara 2 – SMKN 1 Jombang (Tim 12)
- Juara 3 – SMKN 1 Jombang (Tim 13)
- Pemenang lomba MANTION
- Juara 1 – SMA Kristen Petra Acitya
- Juara 2 – SMA Santo Carolus
- Juara 3 – SMA YPPI II