Ubah Hobi Ngoprek jadi Solusi Nyata
Di tengah pesatnya transformasi industri digital dan kecerdasan buatan (AI), Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Dinamika (Undika) Surabaya kembali menggelar lomba FITCOM 3.0 (Faculty of Informatics Technology Competition). Kegiatan ini menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengubah hobi ngoprek teknologi menjadi solusi nyata bagi masa depan pertanian Indonesia. Event IT tahunan tingkat nasional untuk siswa-siswi SMA/SMK/sederajat se-Indonesia diselenggarakan di lobby, Ruang Tech Inc, dan Arena Prestasi pada gedung Undika pada Kamis (23/10/2025).
FITCOM 3.0 diikuti oleh total 125 tim yang terdiri dari 267 siswa dari 56 sekolah di Indonesia. Para peserta menunjukkan kebolehannya dalam hacking, coding, dan menyusun perangkat fisik yang pintar dan inovatif pada FITCOM 3.0. Mereka juga berlomba memperebutkan piala bergilir dari Diressiber Polda Jatim untuk cabang lomba cyber security, piala bergilir dari Diskominfo Jatim untuk cabang lomba web programming dan IoT.
Mengusung Tema Besar ‘Smart Farm‘
Lomba FITCOM telah berlangsung dari tahun 2023 hingga saat ini, dengan diikuti oleh banyak pelajar se-Indonesia. Ketua pelaksana FITCOM 3.0, Teguh Sutanto, menjelaskan bahwa tema yang diusung pada kegiatan tahun ini adalah ‘Smart Farm’. “Kami ingin teknologi tidak berhenti di laboratorium, tapi hadir di sawah, kebun, dan kehidupan nyata,” ucapnya.
Tema Smart Farm ini dipilih karena anak muda kini tak hanya perlu pintar coding, tapi juga peka terhadap isu pangan dan lingkungan. Hal ini relevan dengan isu ketahanan pangan dan urbanisasi di Indonesia. Keterbatasan lahan dan meningkatnya populasi perkotaan menuntut hadirnya inovasi berbasis teknologi. Melalui berbagai cabang lomba, seperti cyber security, web programming, dan IoT, FITCOM 3.0 mendorong generasi muda berinovasi menciptakan solusi digital bagi masa depan.
Imam Fahamsyah, perwakilan dari Diskominfo Jatim, menyebutkan bahwa ajang FITCOM 3.0 menjadi wadah eksplorasi para talenta-talenta muda di bidang digital informasi. “Hal ini sejalan dengan target nasional, bahwa Indonesia membutuhkan 12 juta talenta digital dan FITCOM 3.0 hadir menjadi salah satu ruang untuk talenta muda berkreasi di bidang digital yang concern dengan isu saat ini (smart farm),” tuturnya. Ia menambahkan, Diskominfo Jatim sangat mendukung dan mengapresiasi ajang ini karena sejalan dengan misi mendorong tumbuhnya generasi digital.
Peran Undika sebagai Kampus Berbasis IT
Peserta yang hadir datang dari berbagai daerah di Indonesia, beberapa diantaranya adalah Malang, Bojonegoro, Semarang, Jakarta, Tangerang Selatan, dan lain-lain. Lomba ini juga diramaikan oleh pameran karya IoT yang bertempat di lobby lantai 1 gedung Undika dan bazaar selama acara berlangsung. “Undika ingin menjadi jembatan antara dunia pendidikan, industri, dan masyarakat,” ujar Budi Jatmiko, Rektor Universitas Dinamika.
“Kami bangga melihat anak muda yang tidak hanya kompetitif, tapi juga solutif bagi bangsa,” sambungnya. Terlihat dari hasil karya IoT para peserta yang menunjukkan keseriusan mereka dalam bidang ‘smart farm‘, beberapa diantaranya adalah alat pengukur kelembapan tanah untuk menyiram tanaman secara otomatis, alat yang dilengkapi dengan pH sensor untuk mengukur asam dan basa air pada akuaponik, alat untuk mendeteksi penyakit pada tanaman, penyortir kualitas buah dan sayur berbasis IoT, dan masih banyak lagi.
Kegiatan ini juga menjadi wujud komitmen Universitas Dinamika sebagai kampus berbasis teknologi informasi yang terus hadir di tengah masyarakat, mendorong lahirnya generasi muda yang mampu menggunakan teknologi sebagai solusi atas berbagai permasalahan nyata.
Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam mencetak talenta digital yang mampu menjawab tantangan masa depan bangsa.

Para Pemenang FITCOM 3.0
Setelah melalui babak final yang ketat, para juri pun menetapkan sembilan pemenang dari tiga kategori lomba FITCOM 3.0. Daftar pemenang lomba FITCOM 3.0 sebagai berikut:
- Lomba ‘Web Programming’
- Tim ‘skarisaweb1’ – SMK Krian 1 Sidoarjo (meraih piala bergilir Diskominfo Jatim)

2. Tim ‘pawikeren1945’ – SMKS Pawiyatan

3. Tim ‘hashiracode’ – SMKN 1 Dlanggu Mojokerto

- Lomba ‘Cyber Security’
- Tim ‘pureskill’ – SMKN 1 Dlanggu Mojokerto (meraih piala bergilir Diressiber Polda Jatim)

2. Tim ‘Want to be better’ – SMKN 4 Malang

3. Tim ‘When yh bisa gold medal’ – SMK Telkom Malang

- Lomba ‘IoT’
- Tim ‘Syekh Wito Al Qohol’ – SMA Plus Ar Rahman (meraih piala bergilir Diskominfo Jatim)

2. Tim ‘Tekno Owl’ – SMKN 1 Semarang

3. Tim ‘Coba coba’ – SMK Telkom Sidoarjo

Selamat kepada para peserta yang berhasil meraih juara di tiga kategori lomba FITCOM 3.0! Karya-karya inovatif yang kalian ciptakan bukan hanya menunjukkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, tetapi juga menghadirkan solusi nyata bagi berbagai tantangan di Indonesia, salah satunya melalui pengembangan ‘Smart Farm‘ berbasis teknologi.
Inovasi-inovasi ini menjadi bukti bahwa generasi muda mampu melahirkan karya solutif yang berdampak bagi masyarakat. Semangat ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 dan komitmen Universitas Dinamika untuk terus menjadi kampus berdampak yang mendorong lahirnya inovator masa depan.
Sampai jumpa di FITCOM 4.0 tahun 2026!