Festive Day di Undika
Jika biasanya mahasiswa pergi ke kampus untuk menuntut ilmu, hal itu tentu terdengar sangat umum dan wajar. Namun, kampus tidak selamanya hanya menjadi tempat untuk sekadar “datang–kuliah–pulang”. Lebih dari itu, kampus juga bisa menjadi ruang yang menyenangkan, tempat mengeksplorasi diri, sekaligus ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan skill terpendam mereka.
Hal inilah yang dilakukan oleh Universitas Dinamika Surabaya (Undika), yang pada hari Rabu (19/11/2025) menggelar kegiatan ‘Festive Day‘. Kegiatan ini merupakan ajang bertemunya para mahasiswa untuk saling berkumpul, berjejaring, bertukar ide, dan bersenang-senang bersama mulai dari jam 08.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ini tersebar di beberapa area kampus Undika, seperti lobby utama, halaman depan, Arena Prestasi lantai 9, hingga Arena Ksatria lantai 12.
Selain diramaikan oleh mahasiswa dari seluruh UKM yang ada di Undika yang menunjukkan masing-masing kelebihan UKM dan prodi, Festive Day turut dimeriahkan oleh acara ‘Indonesia is Me‘ yang merupakan hasil kolaborasi antara Universitas Dinamika dengan Radio Republik Indonesia (RRI).
Berkolaborasi dengan RRI
Program ‘Indonesia is Me‘ menjadi salah satu wujud komitmen RRI sebagai media publik dalam menyuarakan semangat kebangsaan dan kebudayaan yang relevan dan membangun lintas generasi. Berkolaborasi dengan Undika yang juga memiliki semangat untuk menanamkan nilai-nilai kebudayaan Indonesia, acara ini pun berlangsung dengan meriah dan animo yang tinggi dari mahasiswa.
Acara ‘Indonesia is Me‘ menjadi pembuka dari rangkaian Festive Day, yang dimulai pukul 08.00 – 10.00 di Arena Prestasi lantai 9, gedung biru Undika.
Pada sambutannya, Wakil Rektor I, Anjik Sukmaaji, mengatakan bahwa acara Festive Day merupakan momentum strategis untuk mencapai tujuan utama, yakni menambah dan memperluas relasi para mahasiswa. Kemampuan berjejaring dan beradaptasi adalah skill yang sangat berharga di era saat ini dan sangat penting untuk dikuasai.
“Di Festive Day, mahasiswa diajak untuk keluar dari zona nyaman. Mahasiswa dapat saling berinteraksi lintas prodi, angkatan, dan sekaligus langsung berhadapan dengan dunia profesional yang dikemas dalam sebuah acara yang fun,” tuturnya.

Talkshow Interaktif bersama Alumni
‘Indonesia is Me’ menghadirkan banyak sesi hiburan, seperti penampilan nyanyian dari juara Bintang Radio RRI, pertunjukan ‘S Band’ dari mahasiswa Undika, dan yang paling ditunggu adalah sesi talkshow interaktif.
Talkshow interaktif ini mengajak mahasiswa untuk bisa belajar dan berinteraksi secara langsung dengan para narasumber yang aktif berkarya dalam dunia digital.
Narasumber di talkshow bertema ‘Pahlawan Teknologi Berkarya tanpa Batas’ tersebut adalah Elia Pramana Putra, alumni Undika angkatan 2013 yang kini telah sukses menjadi seorang content creator di YouTube dengan lebih dari tiga juta subscribers.
Tidak sendiri, ia ditemani oleh Zahrina Atikah, Ketua Edukasi dan Literasi BPD HIPMI Syariah Jawa Timur sekaligus seorang entrepreneur muda.
Elia mengatakan bahwa berawal dari minat dan hobi, semua bisa menjadi celah masuk untuk berkarya di dunia digital sebagai seorang kreator.
“Di zaman saat ini, kita bisa menjadi seorang creator dengan mengetahui apa yang kita minati. Misal, kalau suka game dan kuliner, itu bisa dijadikan dasar untuk mendalami dunia content creator,” ucap Elia.

Penyerahan Sertifikat ke Mahasiswa Ambassador
Dalam rangkaian acara ini, juga terdapat sesi pemberian sertifikat kepada 20 mahasiswa baru yang berprestasi di Undika.
Pemberian sertifikat ini merupakan bentuk apresiasi dan kepercayaan dari Undika untuk para mahasiswa yang akan dipercaya untuk turut mempromosikan kampus beserta berbagi pengalaman prestasi mereka di publik.

Less Stress, More Fun!
Tidak hanya di Arena Prestasi saja, namun kemeriahan tersebar di seluruh gedung Undika. Terdapat kegiatan entrepreneur day di lobby utama Undika yang ramai oleh hasil usaha para mahasiswa dan kegiatan mural art yang dilakukan oleh mahasiswa yang dilakukan di dinding taman Undika.
Ada pula jamming session oleh Serenada, UKM Musik Undika, yang dilakukan di halaman depan Undika yang berhasil mendatangkan banyak mahasiswa yang ingin jamming bersama.
Tidak kalah ramainya, gaming session oleh UKM Dinamika CyberSport (DCS), yang dilakukan di Ruang Serba Guna, juga menarik perhatian banyak mahasiswa. Mereka bisa bermain game konsol dan board game sepuasnya.
Begitu pula dengan sesi screening film pendek, mini turnamen basket, rektorat menyapa, dan freestyle dance yang turut meramaikan Festive Day dan membangkitkan animo mahasiswa cukup tinggi. Seluruh kegiatan yang tersedia pada Festive Day mengajak para mahasiswa untuk melepas penat mereka dengan kegiatan yang menyenangkan.
“Hari ini memang didedikasikan bagi para mahasiswa untuk menikmati waktu mereka dengan hiburan-hiburan yang telah disediakan, sekaligus mereka bisa berjejaring satu sama lain,” pungkas Anjik.
