Minimalisir Penularan Covid-19, Mahasiswa Undika Bikin Alat Penyemprotan Hand Sanitizer Otomatis

Cetak
Image

Semakin meningkatnya angka positif pasien virus corona di Indonesia mendorong tiga mahasiswa Universitas Dinamika (Undika) untuk berinovasi. Inovasi tersebut merupakan alat penyemprotan hand sanitizer otomatis.


Mahasiswa dari program studi S1 Teknik Komputer Danang Sindhu Prasetyo, Ridlo Alfatoriq Putro, dan Muhammad Nur Gahutsul Azham menyampaikan inovasi ini dibuat untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama masa kuliah.


“Kami melihat penularan covid-19 ini bisa melalui benda, dan kemungkinan bisa melalui tombol hand sanitizer,” kata Divisi Mekanik, Muhammad Nur Gahutsul Azham.


Menurutnya alat penyemprotan otomatis ini sangat diperlukan, agar orang tidak perlu menyentuh botol hand sanitizer ketika membersihkan telapak tangannya. Dengan begitu, jika ada virus corona dalam benda tersebut risiko penularannya sangat kecil.


Mahasiswa semester 4 ini menyampaikan alat ini terdiri dari rumah alat, botol hand sanitizer, arduino nano, motor servo, sensor infrared, dan powerbank sebagai sumber daya.


“Untuk rumah alatnya kami menggunakan kayu bekas dengan bentuk persegi panjang. Sedangkan komponen lainnya seperti sensor berada di sisi atas kotak,” kata dia.


Selain itu, Ridhlo juga menyampaikan membutuhkan waktu kurang lebih empat hari untuk membuat alat ini. Mulai dari memesan komponen alat dan juga dan memodifikasi software penyemrpotan otomatis.


Ridhlo menjelaskan alat ini bersifat fleksibel,yang  bisa diletakkan meja, ditempel didinding maupun digantung. Hal tersebut karena komponen alat tersebut diletakkan dibagian atas dengan kondisi tertutup.



Ia juga menambahkan nantinya alat ini akan ada pengembangan, yakni mengganti papan kayu dengan bahan akrilik. Untuk sensor infrared akan diganti menggunakan sensor ultrasonik, dikarenakan sensor infrared terkadang kurang normal saat digunakan di tempat yang terdapat banyak pantulan cahaya


“Selain itu penambahan tinggi penyangga pada tempat hand sanitizer agar botol tidak bergeser ketika ada penekanan otomatis,” katanya.


 



355 kunjungan