Wujud Kepedulian dan Semangat Membantu Sesama, UKM KSR Universitas Dinamika Gelar Donor Darah

Cetak
Image 25 Apr 2024

D’Media, (25/04/2024) – Pada hari Senin (22/04/2024) telah diselenggarakan sebuah kegiatan donor darah di Ruang Auditorium lantai 1 Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya). Acara ini digalakkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Universitas Dinamika yang juga di-support oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya.


Orchilia Junah Aqilah Widiantari, selaku ketua pelaksana acara donor darah ini, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan selama dua kali tiap tahunnya. “Kegiatan hari ini merupakan kegiatan donor darah pertama kali di tahun ini. Kami memiliki target 20-25 kantong darah yang akan terkumpul,” ujar mahasiswi yang akrab dipanggil Orchi tersebut.


Donor darah ini terbuka untuk seluruh sivitas akademik Universitas Dinamika serta masyarakat umum. Calon pendonor harus melakukan registrasi secara online melalui aplikasi ‘HeroBlood’ (khusus untuk pengguna Android) atau bisa datang secara langsung apabila calon pendonor merupakan pengguna iOS.


Acara yang dimulai pada pukul 08.30 hingga 12.30 ini mengusung sebuah tema ‘Embracing Humanity; Donate Blood, Save Lives’. Orchi menjelaskan bahwa dengan tema ini, ia berharap bahwa masyarakat akan tergerak untuk menghidupkan harapan orang lain yang membutuhkan dengan mendonorkan darah mereka.

Orchi menambahkan bahwa ada beberapa syarat bagi calon pendonor yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah, seperti kondisi fisik pendonor harus dalam keadaan sehat, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun, tidak mengonsumsi obat ataupun jamu seminggu sebelum donor, dan memiliki berat badan minimal 45kg. “Calon pendonor yang datang juga akan menjalani medical check-up yang dibantu oleh rekan-rekan PMI. Hasil medical check-up nantinya juga akan menjadi salah satu penentu calon pendonor bisa mendonorkan darah mereka atau tidak,” ucap Orchi. (tta)


274 kunjungan