Intip Produk Bisnis Alta Eco Print ala Stikom Surabaya, Begini Proses Pembuatan dan Keunggulannya!

Cetak
Image

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Mengusung perkembangan dunia bisnis yang semakin menjajikan, mahasiswa dari berbagai program studi Stikom Surabaya ciptakan karya bisnis ramah lingkungan.

Seperti membuat motif baju dengan cat daun, seni project tersebut dinamai “Alta Eco Print” dimana sekaligus merupakan menjadi nama Tim.

Anna Anisa Firdaus, ketua kelompok Alta Eco Print mengatakan, “Alta Eco Print” merupakan salah satu produk cat daun untuk motif baju.

Alta Eco Print sendiri adalah sebuah teknik untuk mencetak dan mewarnai dengan bahan-bahan yang alami berbasis tumbuhan.

Misalnya, lanjut Anna, daun dari tumbuhan yang memiliki pikmen tinggi ditempelkan ke objek langsung untuk dijiplak sehingga membentuk motif daun.

Selaian daun, masih kata Anna, produksi Alta Eco Print juga bisa menggunakan bunga atau batang.

Tidak hanya di baju saja, eco print juga bisa diaplikasikan di bahan katun, sifon, sutra dan kanvas.

“Cara membuatnyapun cukup mudah, karena hanya dengan menggunakan bahan yang sederhana, yaitu cuka dan tawas,” katanya kepada TribunJatim.com, Kamis (11/7/2019).

Alat bantunya pun hanya dengan palu dan talenan.

Alta Eco Print dapat mengasilkan cat yang sangat ramah lingkungan tanpa menggunakan bahan sintetis.

“Warnanyapun juga lebih awet dan tidak luntur saat disetrika, hal ini menjadi nilai plus bagi karya mahasiswa S1 Desain Produk untuk mengusung program go green,” imbuhnya

Ditanyai soal harga, Anna mengatakan harganya sangat terjangkau karna karya ini memang ramah lingkungan, cukup 80 ribu saja.

Kedepannya Alta Eco Print tidak hanya menghasilkan sablon saja, namun akan membuat sebuah cat yang menggunakan bahan-bahan organik

“Kita ingin mewujudkan industri kreatif yang baru, fresh, dan inovatif dengan tidak menggunakan bahan tekstil atau kimia.” tutup Anna.

Sumber : Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Intip Produk Bisnis Alta Eco Print ala Stikom Surabaya, Begini Proses Pembuatan dan Keunggulannya!, https://jatim.tribunnews.com/2019/07/12/intip-bisnis-ramah-lingkungan-ala-stikom-surabaya-begini-proses-pembuatan-dan-keunggulannya.
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika


525 kunjungan