Mahasiswa Teknik Komputer UNDIKA, Raih Juara 2 di Acara IICF

Cetak
Image 02 Nov 2023

Jurnalis : Intita | Editor : AP


D’MEDIA, FTIMahasiswa Universitas Dinamika (Undika) berhasil meraih juara 2 di acara IICF (Indonesia IoT Career Fair), Abdul Yazid merupakan mahasiswa semester 7 dari program studi S1 Teknik Komputer.

Abdul Yazid menghasilkan sebuah proyek yang dinamakan “Smart Budikdamber” (budidaya ikan dalam ember). Tujuan dari proyek ini adalah untuk memberi solusi yang lebih efisien dan nyaman dalam pemeliharaan budikdamber. Dengan mengintegrasikan perangkat monitoring dan kontrol yang cerdas, para pemilik budikdamber dapat memantau suhu air secara akurat, mengukur level air dengan tepat, serta mengendalikan perangkat-perangkat seperti lampu, pompa air, kipas, dan auto feeder dengan mudah.


Proyek Smart Budikdamber dapat memberikan akses jarak jauh melalui antarmuka pengguna melalui layar LCD dan aplikasi mobile yang dapat di unduh di HP pemilik. Ini adalah hasil dari tugas akhir saya dengan tema IoT Smart Device saat mengikuti Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) pada semester 6 lalu di PT Ozami Inti Sinergi.” , ujar Yazid.

Lebih lanjut Yazid menjelaskan, saat mempresentasikan langsung kepada dewan juri professional di acara puncak IICF & Demo Day, dia berhasil masuk Top Best 6. Pada puncak acara, karyanya diumumkan berhasil meraih juara 2 dari total 20 projek yang bersaing. Selain itu, dia juga mendapat penghargaan Nominasi Mahasiswa Terbaik dari 100 mahasiswa yang berpartisipasi.

"Harapannya semoga apa yang saya raih ini bisa menginspirasi mahasiswa dan mahasiswi Undika lainnya, agar dapat menghasilkan proyek-proyek yang membanggakan dan bisa berprestasi membawa nama baik Undika.", pungkasnya.


642 kunjungan