Tunjang Eco Campus, Undika Surabaya Sediakan Air Daur Ulang Siap Minum

Image 17 Feb 2020

Universits Dinamika Surabaya terus konsisten menjalankan program eco green, mulai dengan penghijauan, pengurangan sampah plastik sekali pakai dan lainnya. Bahkan saat ini sudah menyediakan satu alat Smart Water Stasion (SWS) atau alat daur ulang air siap minum untuk semua mahasiswa dan karyawan kampus.



Kepala Bagian Publlic Relation (PR) Undika Surabaya Ryan Adi Djauhari, S.Ds., S.Ikom.  menyampaikan satu unit SWS yang berlokasi di depan ruang humas masih tahap uji coba.

“Selama satu bulan (Februari) ini masih uji coba. Selajutnya kalau peminatnya cukup banyak akan kami tambah jumlah alatnya,” kata Ryan di kantor PR Undika Surabaya.

Menurutnya, dengan adanya SWS di lingkungan kampus akan meningkatkan kesadaran mahasiswa dan karyawan tentang pentingnya air minum. Selain itu, untuk meminimalisir penggunaan botol atau gelas minum sekali pakai dengan mengganti mengisi air minum pada botolnya masing-masing.

Ryan berharap seluruh warga civitas Undika Surabaya memanfaatkan fasilitas SWS dengan baik dan bijak. Apalagi air mineral ini akan selalu ada, karena tersambung langsung dengan aliran air PDAM Surabaya.

“Semoga banyak yang mengisi ulang tumblernya di SWS ini. Dan pengguna tidak perlu khawatir karena kebersihan air sangat terjamin. Apalagi kualitas dan filter air diganti secara berkala,” katanya.

Selama uji coba SWS mahasiswa bisa mengambil minum dengan hanya memencet tombol, kata Ryan, selanjutnya mahasiwa harus menggunakan RFID untuk mengisi ulang air mineralnya.

Disamping itu, Mahasiwa Jurusan Manajemen Dewi Anindya (20) menyampaikan hampir setiap hari mengisi ulang air minum di SWS. Ia merasa terbantu dengan fasilitas air minum gratis hasil air daur ulang tersebut.



“Selain itu kami (mahaiswa) bisa ngehemat pengeluaran, apalagi aku hobi banget minum air putih, jadi bener-bener nolong,” kata Dewi.

Ia juga menyampaikan dengan penyediaan air mineral tersebut semakin meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam mengurangi sampah plastik. Apalagi selama ini mahasiswa kerap membeli air mineral dalam kemasan yang sekali pakai.

Dewi berharap SWS ini ditambah dan diletakkan di setiap lantai Undika Surabaya. Sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengisi ulang air minum di tumblenya masing-masing. (Lathifiyah)



SEARCH