Bisa Jadi Inspirasi untuk Berinovasi

Cetak
Image

Identik dengan branding aplikasi alay di awal kemunculannya. Siapa sangka, Tiktok kini justru bergegas menjadi aplikasi yang elegan dan sangat kreatif.

Menurut Dosen Sistem Informasi Universitas Dinamika (Undika), Ayouvi Poerna Wardhanie SMB MM diawal kemunculannya atau sejak empat tahun lalu, aplikasi Tiktok menjadi sorotan semua kalangan masyarakat. Bahkan penggunanya semakin meningkat.

"Pengguna atau pemain Tiktok kini tah hanya di kalangan masyarakat biasa saja, tapi juga bukan hanya orang Indonesia, tapi juga artis hollywood," kata dosen yang akrab disapa Ayouvi ini.

Perempuan berparas cantik ini menilai, melesatnya tren penggunaan aplikasi Tiktok yang hampir setara dengan media sosial seperti instagram atau facebook ini bahkan bisa dimanfaatkan sebagai inspirasi mahasiswa dalam berinovasi.

Khususnya mahasiswa Undika yang memang fokus pada bidang teknologi dan juga bisnis. Jika mahasiswa bisa mempelajari aplikasi ini dan membuat inovasi baru yang lebih kreatif. Agar bisa mengenalkan karya anak bangsa ke seluruh penjuru dunia.

"Jadi buatlah aplikasi yang simpel dulu, nanti kalau unik dan kretaif pasti banyak perminatnya," tuturnya.

Manfaat lainnya, kata Ayouvi, juga bisa digunakan sebagai ajang usaha. Misalnya konten-konten yang sudah ada seperti pengguna yang menunjukkan masakan. "Tapi harus ada inovasi dan peningkatan kreativitas, sehingga mahasiswa bisa maksimal memanfaatkn peluang yang ada. Dengan begitu begitu semakin banyak anak bangsa yang berkarya dan bisa memperkenalkan bangsa Indonesia melalui karya," pungkasnya. (Ina)


Berita ini telah tayang di Koran Jawa Pos pada 28 Februari 2020

Direpost oleh PR Undika (Lathifiyah)