Universitas Dinamika Gaungkan Visi Misi Terbaru 2024 yang Mengedepankan ‘Smart Entrepreneurial University’

Cetak
Image 05 Mar 2024

D’Media, (05/03/2024) – Di era society 5.0 seperti saat ini, teknologi semakin gencar digunakan untuk meningkatkan produktivitas serta menciptakan lapangan kerja baru. Melihat hal ini, Universitas Dinamika pada tahun ini mengeluarkan visi, misi dan tujuan terbaru sebagai sebuah sikap untuk menyongsong era society 5.0.


Visi, misi, dan tujuan terbaru Universitas Dinamika disampaikan langsung oleh Budi Jatmiko, Rektor Universitas Dinamika saat acara Rapat Internal (Ratin) pada akhir Februari 2024. Visi, misi dan tujuan ini efektif berlangsung mulai tahun 2024 hingga 2048.


Seperti yang telah diketahui bersama bahwa visi, misi, dan tujuan sebelumnya perlu dilakukan pembaruan untuk menyesuaikan perkembangan jaman dan tantangan di era society 5.0. Visi yang berbunyi ‘menjadi perguruan tinggi yang produktif dalam berinovasi’ membawa Universitas Dinamika mencetak prestasi-prestasi yang membanggakan.


Dalam Ratin bulan Februari kemarin, Budi menyampaikan kepada para Dinamikawan bahwa visi terbaru Universitas Dinamika yang terbaru adalah ‘menjadi smart entrepreneurial university berskala global yang produktif dalam berinovasi’. “Dengan adanya pembaruan visi ini, diharapkan bahwa kami bisa saling bersinergi untuk mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan memiliki jiwa entrepreneurship yang siap berkompetisi di skala internasional,” ujar Budi.


Budi juga menyebutkan bahwa ia ingin mengasah potensi mahasiswa/i Universitas Dinamika lebih jauh lagi. “Kita, khususnya para dosen, bisa mendidik dan memotivasi para mahasiswa/i untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang berbasis teknologi informatif, sesuai dengan keunggulan kampus kita,” ucap Budi. Terdapat lima misi dan tujuh tujuan yang harus diamalkan oleh para civitas akademika Universitas Dinamika agar visi ini bisa berhasil.


Adanya visi terbaru ini tidak lepas dari hasil karya mahasiswa/i yang berkaitan dengan bidang entrepreneurial, beberapa diantaranya adalah Servisin, Traveloky, dan yang baru di launching tahun ini adalah Belanjar. Servisin adalah startup penyedia jasa untuk servis perabotan elektronik rumah tangga tanpa pengguna harus repot-repot membawa perabotan mereka keluar rumah. Traveloky adalah startup penyedia jasa yang bergerak di bidang pariwisata (tour dan organizer), sedangkan Belanjar adalah startup marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli di area lingkup Universitas Dinamika.


Universitas Dinamika pun juga melakukan beberapa upaya untuk menyiapkan para mahasiswa/i agar siap untuk melangkah ke tingkat internasional, seperti mengadakan beasiswa belajar di Kampung Inggris dan international class bersama Ritsumeikan University. Beasiswa belajar di Kampung Inggris ini diberikan kepada mahasiswa/i yang telah lolos rangkaian seleksi dan mereka berkesempatan untuk belajar selama satu bulan di Kampung Inggris, Kediri.


Terdapat empat mahasiswa program studi Sistem Informasi (SI) yang mengikuti international class bersama Ritsumeikan University. International class tersebut dilaksanakan secara online, melalui Zoom Meeting yang dibimbing langsung oleh dosen dari Ritsumeikan University, yang bernama Victor Kryssanov. Sebagai project akhir, keempat mahasiswa tersebut ditugaskan untuk membuat sebuah prototype yang bertemakan ‘Smart Farming’.


Semoga dengan visi, misi, tujuan yang baru, Universitas Dinamika dapat mencetak lulusan-lulusan terbaik di bidang teknologi informasi dan melahirkan entrepreneur-entrepreneur handal yang tentunya bisa membanggakan dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (tta)


375 kunjungan