UKM KSR Gelar Donor Darah untuk Misi Kemanusiaan Menjelang Hari Pahlawan

Cetak
Image 07 Nov 2023

D’Media, (07/11/2023) - Hari pahlawan adalah hari yang kita peringati untuk menghormati jasa pahlawan yang telah gugur. Mereka mempertaruhkan nyawa mereka untuk kesejahteraan hidup yang kita rasakan saat ini. Di masa sekarang, kita juga bisa menjadi pahlawan dari berbagai cara, salah satunya adalah lewat donor darah. Hal ini pun dilakukan oleh UKM KSR Universitas Dinamika (Undika) pada hari Senin, 6 November 2023 yang mengadakan acara donor darah.


Donor darah bertema “Come Donor Save and Become a Hero” dilaksanakan menjelang hari pahlawan untuk memperingati jasa mereka sekaligus menjalankan misi kemanusiaan. “Dari ini, kita bisa mendonorkan darah dan bertindak sebagai pahlawan yang bisa menyelamatkan banyak orang.”, ucap Heppy Putri Agustin, selaku Ketua Pelaksana acara donor darah. Acara ini diadakan dari jam 09:00 - 12:00 WIB di Ruang Auditorium Gedung Biru Undika.


Acara ini dihadiri oleh sukarelawan yang ingin mendonorkan darah mereka. Target kantong darah yang ingin diambil adalah sebanyak 50 kantong, namun nyatanya jumlah sukarelawan melebihi ekspektasi. “Sebenarnya kami menargetkan 50 kantong, tapi karena antusiasme tinggi dari orang-orang kami bisa mendapatkan 60-65 kantong hari ini.”, ungkap mahasiswi jurusan Sistem Informasi angkatan ‘22 tersebut. 

Donor darah dapat dilakukan oleh semua orang yang berusia minimal 17 tahun, memiliki kondisi fisik yang sehat, tidak minum obat tujuh hari sebelum donor, dan memiliki berat badan minimal 45 kg. “Selain dapat membantu orang lain, keuntungan dari donor darah juga bisa menambah kesehatan kita.”, tutur mahasiswi yang berusia 19 tahun tersebut. Acara ini dibuka untuk umum dan gratis. Akan ada bingkisan yang akan dibagikan setelah selesai mengikuti rangkaian donor darah.


“Harapan saya semoga di program donor darah selanjutnya, orang-orang tidak lagi takut untuk mendonorkan darah mereka karena setetes darah yang mereka donorkan dapat memberikan harapan bagi mereka yang membutuhkan.”, pungkasnya. (Tita)


564 kunjungan