Universitas Dinamika (Undika) Terima Kunjungan dari Dili Institute of Technology (DIT) Timor Leste

Cetak
Image

SURYA.co.id - Sebagai kampus berbasis IT Universitas Dinamika (Undika) menjadi sorotan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun luar negeri yang menjalin kerja sama.

 

Sejak Selasa (12/11) Undika mendapat kunjungan dari Dili Institute of Technology (DIT) Program Studi Computer Science yang berlangsung selama tiga hari hingga Kamis (14/11) di ruang Laksda Mardiono Lantai 1 Undika Surabaya.

Kunjungannya merupakan agenda tahunan yang saat ini merupakan tahun ke-4. Sebanyak 38 mahasiswa tingkat akhir ini memadati ruangan yang dibagi berkelompok. Mahasiswa didampingi tiga dosen pembimbing mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang diadakan oleh Pusat Kerja Sama.

Beberapa materi yang dipelajari mahasiswa dari Dili yaitu networking dengan pemateri Slamet, database dengan pemateri Julianto Lemantara, serta Artificial Intelligence (AI) berkait dengan data mining oleh Edo Yonatan.

Materi yang disampaikan menggunakan bahasa Indonesia. Sebagian besar mahasiswa DIT mengerti bahasa Indonesia. Bagi yang tidak mengerti, sesekali dosen pendamping menerjemahkan ke bahasa daerahnya yaitu bahasa Tetum. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan tahun ini tidak sebanyak tahun sebelumnya.

Tahun ini hanya diikuti mahasiswa semester akhir yang menempuh skripsi. Itu berbeda dengan tahun sebelumnya. Mahasiswa mengikuti pelatihan di semester 6.

Saya dapat mengetahui bagaimana proses belajar di kampus ini dan dapat mengerti materi perkuliahan di sini yang tidak didapatkan di kampus DIT. Nanti itu bisa menambah experience bagi saya dan membagikan ilmu ke adik-adik kelas selama belajar di sini, ungkap Veronica Silveira Costa Lopes, mahasiswa Computer Science.

Ofelia Cizela da Costa Kepala Jurusan Computer Science mengatakan, dengan mengikuti pelatihan itu, mahasiswa dapat mengimplementasikan program teknologi yang sudah berjalan dan dikembangkan Undika.

Adanya hasil positif mahasiswa saat menghadapi dunia kerja dan skripsi selama ini, rencananya studi banding tahun depan DIT akan mengajukan kerja sama antar-program studi.

Dosen Computer Science itu mengaku, teknologi yang diterapkan Undika sudah sangat maju menggunakan teknologi digital, sehingga memilih di Surabaya untuk menjadi rujukan studi banding dan ingin menambah pengetahuan mahasiswa.

Sertifikatnya juga membantu mereka saat melamar pekerjaan, sehingga menambah poin untuk mahasiswa.

Mereka tidak hanya mengambil ilmu dari pelatihan. Mahasiswa juga diajak untuk melihat perkembangan teknologi di Surabaya.

Elsa Pebriatanti

Staf Universitas Dinamika

elsapebriatanti@gmail.com