Undika bersama Dindik Jatim, Sosialisasikan STUNNING System Untuk Lacak Potensi Anak Berprestasi

Cetak
Image 23 Jun 2023

D’Media (23/06/2023) Universitas Dinamika Surabaya bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sosialisasikan STUNNING System. Ini merupakan inovasi untuk melacak siswa yang memiliki potensi untuk berprestasi baik akademik maupun non akademik melalui sebuah inovasi yang diberi nama STUNNING (Student evaluation learning) system berbasis Automatic Item Generation (AIG). Sistem yang dikembangkan dosen-dosen Undika ini nantinya akan mempermudah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam mencari siswa yang memiliki potensi di sekolah. 

Menurut Dosen Undika Dr. Bambang Hariadi M.Pd, yang juga sebagai Ketua Peneliti dalam program ini, menyampaikan inovasi ini mengadopsi konsep big data, yaitu data analytic yang dapat membantu Dinas Pendidikan Jatim mengambil keputusan terkait siswa-siswi yang akan diikutsertakan dalam kompetisi untuk mewakili provinsi Jawa Timur ini.


Aplikasi ini kami gunakan untuk evaluasi belajar yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa dan guru di Jawa Timur. Untuk soal-soalnya kami kumpulkan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan lima mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan bahasa Inggris, sehingga nantinya bisa di gunakan untuk menentukan kelulusan di masing-masing sekolah.”Ujarnya.


                                      Rektor Universitas Dinamika Surabaya, Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd saat memberikan sambutan (Dok: PR) 


Kepala seksi Kurikulum Bid. Pembinaan SMA Jatim, Eka Ananda Arief Budi Rahardja,S.H.,M.Si saat memberikan sosialisasi (Dok : PR)


Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Dinamika Surabaya, Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Kepala seksi kurikulum pembinaan SMA Jatim, Eka Ananda Arief Budi Rahardja, S.H., M.Si. dan perwakilan guru MGMP dari beberapa SMA di Jawa timur, seperti Bojonegoro, Kediri, dan lain sebagainya.


Harapan kami dari para peneliti, STUNNING system ini bermanfaat untuk Dindik Jatim khususnya bidang pembinaan SMA dapat mengetahui perkembangan hasil belajar siswa di sekolah, serta mencari siswa yang berpotensi untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,”harapnya.(Adi)


818 kunjungan