Dibimbing Undika, Buku Biologi Karya Guru SMAN 1 Gedangan Raih Penghargaan di GTK GCC 2021

Cetak
Image 07 Dec 2021

Penulis buku Biologi berjudul Keajaiban Hewan sekaligus Guru SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, Ali Mahfud mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam kegiatan Anugrah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Creative Camp Batch 2 2021. Buku yang masuk dalam kategori apresiasi buku non fiksi tersebut dibuat selama kurang lebih dua bulan yang dibimbing langsung oleh dosen-dosen Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya).

“Awalnya ada sebanyak 988 guru yang mendaftar, kemudian pada akhirnya karena ada ketentuan tertentu, seperti penulis tunggal dan lainnya dan akhirnya yang mengirimkan sekitar 640 yang mengumpulkan judul buku,” kata Ali Mahfud yang juga sebagai Wakil Kepada Sekolah SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. 

Ali Mahfud menjelaskan pihaknya mengumpulkan dua bukunya, yakni Keajaiban Tubuh Manusia dan Keajaiban Hewan, namun hanya satu yang mendapatkan apresiasi dan menjadi nomor satu di antara 640 buku lainnya, 

Menurutnya mendapatkan apresiasi dari gubernur langsung adalah hadiah istimewa, apalagi prosesnya yang cukup panjang dalam proses membuat buku ini. Bahkan buku ini bisa jadi belum selesai dan terbit jika tidak ada program pelatihan dari Undika. 

“Jadi kalau untuk bahan bukunya saya sudah siap materinya karena ini memang menjadi kualifikasi saya sebagai pengampu mata pelajaran Biologi. Tapi yang sulit adalah konsisten dan konsentrasi untuk menyusun buku. Apalagi adanya pembuatan barcode dalam buku ini yang disarankan Undika,” katanya. 

Ia menyampaikan adanya barcode dalam buku ajar untuk me-link-an ke materi lain ini menjadi daya tarik tersendiri, dan hal tersebut membuatnya memperoleh penghargaan. 

Disamping itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Gedangan Sidoarjo PDr. H. anoyo, M.Pd. menyampaikan program yang pelatihan penyusunan buku berbasis IT sangat dibutuhkan guru-guru SMA sederajat. 

“Kami beruntung bisa bekerjasama dengan Undika karena selama ini kami berjalan baik, dan kami sangat bersyukur terutama di kaitannya IT tentang literasi,” kata dia.

Ia berharap program dari Undika ini terus dikembangkan agar dapat motivasi dan dan mendorong pengajar SMA sederajat untuk menulis buku atau artikel ilmiah. Sehingga para pengajar ini memiliki kenangan yang tidak akan pernah hilang pada masa mendatang. 

Salah satu pembimbing pembuatan buku sekaligus Wakil Rektor III Dr. Bambang Hariadi, M.Pd. menyampaikan merasa bangga atas prestasi yang diperoleh penulis buku Keajaiban Hewan (Ali Mahfud).

“Awalnya dapat kabar mendapatkan 10 besar, dan ternyata menjadi nomor 1, saya bangga bisa melakukan (pendampingan dan bimbingan) ini untuk memajukan pendidikan di tingkat SMA,” katanya. 

Ia menyampaikan selanjutnya akan ada program lain seperti memberikan pelatihan menulis artikel yang bisa dimuat di kancah nasional dan internasional. Jadi yang berkontribusi dalam dunia literasi bukan hanya dosen-dosen, tapi juga pengajar di sekolah menengah.


Humas Undika : Lathifiyah

368 kunjungan