Dekan FTI Terima Penghargaan Presenter Terbaik di Webinar Konik.id

Image 16 Jun 2021

Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Tri Sagirani, S.Kom., M.MT. meraih penghargaan presenter terbaik dalam webinar Konferensi Nasional Ilmu Komputer (Konik) ke-5 pada Sabtu 12 Juni 2021 lalu. Adapun materi atau paper yang dipresentasikannya yakni Aplikasi Pencarian Ruang Terbuka Hijau. 

“Paper ini merupakan hasil pemikiran yang berkolaborasi dengan mahasiswa. Hasil tugas akhirnya yang dikembangkan penelitiannya bersama dosen,” kata Bu Tri, sapaanya. 

Penerimaan penghargaan sebagai presenter terbaik ini bukan yang pertama, pasalnya pada seminar nasional Konik tahun sebelumnya juga meraih nominasi tersebut. 


Dekan FTI menjelaskan dalam kegiatan webinar tersebut banyak pula peserta dengan materi dan penyampaian yang bagus. Pihaknya pun tidak mengetahui dengan pasti kriteria presenter terbaik oleh Konik. Namun hal yang selalu dipegang teguh dalam menyampaikan materi adalah dengan antusias dan semangat.

“Apalagi saya itu selalu menggebu-gebu kalau menyampaikan sebuah materi kuliah. Dan itu saya terapkan ketika saya presentasi,” katanya. 

Selain semangat dan antusias selama menyampaikan materi, Tri Sagirani juga membuat draft materi atau jurnal secara singkat. Sehingga selama presentasi menguasai dan memahami dengan benar materi yang akan disampaikan. 

Menurutnya, dengan persiapan yang matang dan terkonsep akan mempermudah audience, mahasiswa atau juri dalam memahami materi yang disampaikan. 

“Jadi semua harus siap sebelum presentasi dimulai,” kata Tri Sagirani.

Ia berharap kedepannya banyak Dosen Undika semangat mempublikasikan jurnal, paper atau karyanya di setiap wadah yang ada di kancah nasional maupun internasional. Tentunya hal tersebut akan berdampak untuk pengembangan diri, civitas, bangsa dan bahkan untuk masyarakat umum. 


“Kita (Dosen Undika) punya banyak karya tapi kadang tidak terpublikasi dengan baik, kadang kita menganggap karya kita sepele, padahal bisa jadi karya kita dapat memberikan solusi dan menginspirasi orang lain untuk menyelesaikan masalah lain,” pesannya.

Perlu diketahui salah satu materi jurnal yang dipresentasikan oleh Tri Sagirani dalam webinar Konik yakni Prototype Aplikasi Pencarian Ruang Terbuka Hijau Menggunakan Metode Fuzzy Model Tahani. Dalam webinar ini dihadiri empat pembicara dari kanca nasional dan internasional, yakni Prof. Seungjin Choi (Pohang University of Science and Technology (POSTECH) South Korea, Prof. Kaori Yoshida, Dr. Eng (Kyushu Institute of Technology Japan, Prof. Ir. Zainal Arifin H, MLS, Ph.D Ketua APTIKOM Indonesia, dan Prof. Dr. Ir. Richardus Eko I, M.Sc. Mphil., MA. Rektor Universitas Pradata Jakarta.


Humas    : lathifiyah

SEARCH