Surabaya, Bhirawa - Suguhkan nuansa epik dalam satu ruang, Universitas Dinamika (Undika) Surabaya kolaborasikan tiga museum yang ada di Jawa Timur. Yakni Museum Teknoform, Museum Blockbuster,  Museum Huruf Jember. Gelaaran ini sudah dibuka sejak Senin (21/9) mendatang. Tak hanya itu, masyarakat yang ingun melihat museum satu ruang bisa datang ke kampus yang berada di Jl Kedung Baruk atau  bisa secara online.

Kepala Museum Teknoform, Ryan Adi Djauhari mengungkapkan, pameran ini diselenggarakan di Ruang Serbaguna Undika dengan memajang beberapa koleksi dari tiga museum itu. Hingga tiga hari ini, total sekitar 186 pengunjung yang menikmati museum satu ruang baik secara online dan offline.

"Kalau yang offline kami batasi dengan membuatnya menjadi tiga sesi dalam satu hari. Satu sesinya maksimal 10 orang. Sedangkan yang menikmati secara online sudah mencapai 140 orang dalam tiga hari ini," ujar dia, Rabu (23/9).

Ryan sapan akrabnya Kepala Museum menambahka, kolaborasi koleksi museum disuduhkan dengan berbagai pilihan untuk masyarakat. Mulai menampilkan secra online dalam bentuk vlog , virtual tour dan video 360. Selain itu, pihaknya akan melakukan diskusi interaktif dengan perwakilan museum secara live. Agar pengunjung virtual bisa mengenal koleksi yang dipajang pada pameran Museum Satu Ruang.

"Masyarakat juga bisa berkunjung ke pameran. Namun harus sesuai degan protokol kesehatan, sekaligus pembatasan pengunjung. Nantinya pengunjung juga dilarang untuk menyentuh koleksi museum,agar tidak terjadi penularan Covid-19 melalui benda," papar dia.

Kepala Museum yang juga Kabag PR Undika ini berharap pameran museum ini bisa memberikan suasana baik dan hiburan bagi warga Kota Surabaya, agar tidak jenuh dengan keadaan sekarang. "Selain menambah wawasan tentang sejarah koleksi museum, pengunjung bisa swafoto pada koleksi yang dipameran," kata dia.