Julius Ghosa Fernando, Mahasiswa DKV Universitas Dinamika Raih Juara 1 Fotografi Tingkat Nasional

Cetak
Image 13 May 2024

D’Media, FDIK – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya). Mahasiswa program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual bernama Julius Ghosa Fernando berhasil meraih juara 1 lomba fotografi tingkat nasional.


Julius yang merupakan mahasiswa DKV angkatan ’22 ini memenangkan lomba fotografi tingkat nasional di kategori mahasiswa pada 10 Februari 2024. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Ruang Lomba Nasional secara daring, dan diunggah di Instagram mereka. Lomba ini terbuka untuk umum, yang terdiri dari beberapa kategori-kategori tertentu.


Julius menjelaskan bahwa dari penyelenggara tidak menentukan tema tertentu, namun ia memilih tema human interest untuk karya fotonya. “Foto yang saya ambil menggambarkan suasana yang ada di Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Tunjungan,” ujar Julius saat diwawancarai pada Rabu (17/04/2024). Ia ingin menunjukkan hiruk pikuk salah satu jalan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar.

Dalam pengambilan gambar, Julius menggunakan kamera professional. Karena hobinya dalam dunia fotografi, ia seringkali membawa kamera kemanapun ia pergi, agar tidak melewatkan momen-momen yang menarik. “Sebenarnya, foto yang saya ambil itu momen yang tidak direncanakan. Saat itu saya sedang jalan-jalan menyusuri Jalan Tunjungan, untuk mencari aset-aset foto. Lalu, saya melihat momen itu dan saya segera memfotonya,” ucapnya.


Julius sendiri memang memiliki passion dalam dunia fotografi. Ia sering foto produk untuk kafe, dan saat ini sedang freelance sebagai seorang fotografer. Ia juga beberapa kali mengikuti perlombaan-perlombaan fotografi untuk menambah pengalamannya.

Semenjak masuk ke Universitas Dinamika, ia menjadi paham lebih jauh mengenai dunia fotografi. Yang awalnya ia hanya paham dasar-dasarnya saja yang ia dapat dari bangku SMK, saat ini ia sudah semakin improve dan membawa pulang prestasi juara 1 lomba fotografi tingkat nasional. (tta)


297 kunjungan