Kunjungan Menteri Pendidikan Timor Leste ke Universitas Dinamika

Cetak
Image 03 Jul 2024

D’Media, (03/07/2024) – Pada hari Selasa (02/07/2024), Menteri Pendidikan Timor Leste bersama beberapa jajaran kementerian pendidikan melakukan kunjungan ke Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya).

          Dalam kunjungannya, ia didampingi oleh Asosiasi PPGI Daerah Jawa Timur (Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia). “Tujuan kunjungan ini adalah untuk membicarakan rencana kerjasama pengadaan pelatihan sumber daya manusia (SDM) untuk Kementerian Pendidikan Timor Leste di Universitas Dinamika,” ujar Iwan Dhamar Suprihantono, selaku Ketua Asosiasi PPGI Daerah Jawa Timur.

          Rencana penjajakan kerjasama dengan Universitas Dinamika adalah pelatihan di bidang percetakan. “Kami memilih Universitas Dinamika karena terdapat program studi S1 Desain Produk yang hubungannya erat dengan percetakan,” sambung Iwan. PPGI dan Universitas Dinamika juga memiliki relasi yang erat dalam percetakan.


          Sebelumnya, Universitas Dinamika pernah melakukan pelatihan terhadap mahasiswa-mahasiswa dari Timor Leste. Berbeda dengan yang sekarang, pelatihan yang diberikan pada saat itu adalah pelatihan yang berhubungan dengan IT.

          Dulce De Jesus Soares, Menteri Pendidikan Timor Leste, mengatakan bahwa dengan kedatangannya ke Universitas Dinamika, ia bisa tahu dan mengeksplor lebih jauh kemungkinan-kemungkinan yang bisa dikolaborasikan antara Kementerian Pendidikan Timor Leste dengan Universitas Dinamika. “Ada kesempatan besar untuk berkolaborasi terlepas dari pelatihan staff kami, seperti magang di bidang administrasi, atau bidang lainnya yang relevan dengan pekerjaan kami di sana,” ucap Dulce.

          Dulce juga mengatakan bahwa tiap tahunnya, ia mengirim staffnya untuk mengikuti pelatihan, terutama di Indonesia. “Saya ingin staff yang kami kirim mendapat bekal skill-skill yang bisa memajukan Kementerian kami di Timor Leste,” katanya. (tta)


385 kunjungan