FITCOM 2.0, Lomba Programming untuk Pelajar Siapkan Generasi Ahli Cybersecurity

Cetak
Image 24 Jun 2024

D’Media, (24/06/2024) – Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) akan menggelar perlombaan Faculty of Informatics Technology Competition (FITCOM) 2.0 untuk para pelajar tingkat SMA/SMK tingkat nasional pada bulan Agustus 2024.

          FITCOM adalah sebuah ajang perlombaan yang berhubungan dengan information technology (IT). Sebelumnya, FITCOM pertama kali diselenggarakan pada tahun 2023 bulan November. Kali ini, FITCOM kembali hadir dengan konsep acara yang lebih menarik.

          Saat ditemui di Press Conference Beasiswa Pendidikan 100% pada hari Kamis (20/06/2024), Anjik Sukmaaji, Dekan FTI menjelaskan bahwa tujuan dari FITCOM adalah ingin menciptakan generasi muda yang ahli dalam bidang komputer, khususnya bidang keamanan siber (cyber security). “Highlight dari FITCOM 2.0 adalah cyber security, karena cyber security identik dengan keamanan siber dan peretasan (hacking). Perkembangan tren hacker di Indonesia terbilang positif. Kami ingin mengembangkan potensi hacker-hacker muda di Indonesia,” ujar Anjik.


          Peserta FITCOM 2.0 ditargetkan sebanyak 100 tim (200 peserta) dari seluruh penjuru Indonesia. Para peserta yang telah dikelompokkan ke dalam sebuah tim akan saling bersaing dalam suatu permainan yang mengharuskan mereka untuk memecahkan dan menemukan suatu kode yang telah disembunyikan di dalam server.

Anjik juga menyoroti Starlink yang telah masuk di Indonesia. “Saat ini akses teknologi sangat mudah diakses. Akan menjadi suatu bahaya apabila kemudahan teknologi ini tidak memiliki banyak ahli. Harapannya, para peserta yang akan mengikuti kompetisi ini juga dapat mengedukasi masyarakat,” kata Anjik.

Untuk FITCOM 2.0 ini terdapat tiga kategori yang dilombakan, yaitu website programming, line tracer, dan cyber security. Semua kategori yang dilombakan dalam bentuk tim. (tta)


371 kunjungan