Sistem Kendali Robot Smart Car Inovasi Mahasiswa Tawarkan User Experience yang Menarik

Cetak
Image 30 Nov 2023

D’Media, FTI – Jika berbicara tentang program studi Teknik Komputer, maka pastinya ada banyak karya atau inovasi mahasiswa yang telah terbuat. Salah satunya adalah inovasi mahasiswa Universitas Dinamika yang menciptakan sebuah sistem kendali Robot Smart Car dengan menggunakan teknologi computer vision milik Abdul Yazid. Secara singkat, computer vision bertujuan untuk melihat dan memahami objek di sekitarnya sehingga komputer mampu menganalisis sendiri benda yang ada di depannya sehingga informasi yang didapat berubah menjadi sebuah perintah.


Menggunakan sistem teknologi penginderaan gestur tangan, Robot Smart Car yang sudah ditanam dengan sistem ini dapat mengidentifikasi perintah, seperti gerakan maju, mundur, kanan, kiri dan berhenti melalui gestur tangan. “Sistem ini tentunya akan mempermudah para pengguna dalam mengendalikan Robot Smart Car tanpa menggunakan remote control.”, ucap mahasiswa yang akrab dipanggil Yazid tersebut. Selain itu, Yazid juga menjelaskan bahwa tujuan dia membuat sistem ini adalah untuk memberikan pengalaman pengguna dalam mengendalikan Robot Smart Car dengan cara yang lebih simpel dan interaktif.


“Saya memanfaatkan library seperti MediaPipe dan Python yang dapat memungkinkan sistem untuk mengidentifikasi posisi dan gerakan tangan pengguna.”, ujar Yazid. Untuk menjalankan sistem ini, robot smart car tersebut harus dilengkapi dengan sistem kendali, driver motor I298n dan Arduino Mega. Kamera juga dibutuhkan untuk bisa menangkap gestur tangan yang bisa disambungkan ke perangkat yang digunakan dalam mengendalikan Robot Smart Car.


“Harapan saya dengan terbuatnya inovasi sistem ini dapat memudahkan pengendalian Robot Smart Car dan memberikan pengalaman pengguna yang baru dan menyenangkan.”, pungkasnya.


416 kunjungan