28 Mahasiswa DKV Universitas Dinamika Mendapat Sertifikasi BNSP di Bidang Desain Grafis

Cetak
Image 03 Jun 2024

D’Media, (03/06/2024) – Bagi para graphic designer, sertifikasi kompetensi adalah salah satu senjata yang ampuh untuk menunjukkan sejauh apa kemampuan dalam design. Dengan memiliki sertifikat, orang pun juga akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Melihat pentingnya sertifikat ini, maka sebanyak 28 mahasiswa/i program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) mengikuti dan berhasil mendapatkan sertifikat kompetensi di bidang Desain Grafis, khususnya Image Editor.

          Sertifikat yang didapatkan oleh 28 mahasiswa/i adalah sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini merupakan program dari pemerintah dan sangat terbuka untuk para mahasiswa yang tertarik untuk mendapatkannya. Program ini pun diteruskan oleh Universitas Dinamika yang memberikan kesempatan ini kepada para mahasiswa dan tanpa dipungut biaya.

Pada hari Kamis (30/05/2024), sertifikat kualifikasi tersebut telah dibagikan kepada 28 mahasiswa/i DKV yang berhasil lolos sertifikasi BNSP. “Sertifikat ini sangat menguntungkan bagi kalian, karena dengan bekal sertifikat milik pemerintah ini, kalian akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan,” ujar Dhika Yuan Yurisma, Ketua Program Studi (Kaprodi) DKV dalam sambutannya.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini, para mahasiswa harus mengikuti ujian terlebih dahulu. Ujian ini untuk mengetahui kemampuan mahasiswa tersebut dalam mengoperasikan software Adobe Photoshop. Sertifikat ini akan berlaku selama tiga tahun ke depan.

Setya Putri Erdiana, dosen prodi DKV, menjelaskan beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa/i agar bisa mengikuti sertifikasi tersebut. “Yang bisa mengikuti program sertifikasi ini adalah mahasiswa aktif Universitas Dinamika dan sudah lulus salah satu mata kuliah yang ada di semester empat prodi DKV, yaitu Image Design and Desktop Publishing, karena di mata kuliah tersebut mahasiswa diajarkan untuk mengoperasikan Adobe Photoshop,” ucap dosen yang akrab disapa Tya tersebut.

Penyerahan sertifikat ini diselenggarakan pada ruang B505 pada pukul 10.00 hingga 11.00. Dekan Fakultas Desain dan Industri Kreatif (FDIK), Karsam, secara langsung menyerahkan sebanyak 28 sertifikat kepada para mahasiswa/i tersebut. “Selamat kepada kalian yang telah meraih sertifikat ini. Semoga dengan capaian ini, kalian bisa membawa nama prodi DKV Universitas Dinamika menjadi semakin lebih baik,” pungkas Karsam. (tta)


309 kunjungan