HIMA Akuntansi Gelar Workshop Digitalisasi Akuntansi untuk Siswa-Siswi SMA

Cetak
Image 29 Feb 2024

D’Media, (29/02/2024) – Akuntansi biasanya sangat lekat hubungannya dengan angka, khususnya yang terkait dengan pencatatan keuangan. Pencatatan keuangan biasanya dilakukan secara manual, namun karena semakin berkembangnya teknologi, maka mulai muncul digitalisasi akuntansi. Hal ini pun menjadi materi yang disosialisasikan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Akuntansi Universitas Dinamika.


HIMA Akuntansi mengadakan sebuah acara workshop digitalisasi akuntansi bagi siswa/i SMA Kartika IV-3 Surabaya pada Senin (26/02/2024). Acara ini berlangsung di dua tempat, yaitu Ruang Laksda Mardiono di lantai 1 dan Ruang Laboratorium Komputer di lantai 6 Universitas Dinamika.


Dwyanti, selaku Ketua HIMA Akuntansi menjelaskan bahwa tujuan mereka menyelenggarakan workshop ini adalah untuk memperkenalkan tools yang bisa digunakan untuk membuat catatan transaksi sederhana kepada siswa/i SMA Kartika IV-3. “Tools yang kami gunakan adalah Microsoft Access. Kami memberikan materi sederhana kepada teman-teman SMA sesuai dengan modul yang telah kami susun,” ujar Dwyanti saat diwawancarai pada Senin (26/02/2024). Digitalisasi akuntansi ini pun juga diaplikasikan dalam mata kuliah program studi Akuntansi di Universitas Dinamika.

Di lain tempat, Riko Akbar Putra Samudra selaku Ketua Pelaksana acara workshop tersebut menjelaskan apa saja yang akan didapat oleh para peserta workshop. “Peserta akan belajar cara pencatatan secara digital, mempelajari cara merancang desain atau program untuk membuat catatan transaksi sederhana,” ucap Riko.


Saat pelatihan di ruang laboratorium, para peserta terlihat sangat antusias saat mengikuti workshop tersebut. Mereka secara aktif berkomunikasi dengan mahasiswa yang menjadi pemateri di hari itu. Workshop yang berdurasi kurang lebih dua jam tersebut diikuti oleh 88 siswa/i SMA Kartika IV-3.


Salah satu siswi peserta yang bernama Anisa menceritakan pengalamannya saat mengikuti workshop. “Materi yang diajarkan bermanfaat bagi kami. Selain itu, kakak pembimbing yang memberi materi juga sabar dan menguasai digitalisasi akuntansi, sehingga saat kami bertanya, jawabannya sangat membantu,” ungkap Anisa.


“Semoga dengan berlangsungnya workshop ini, materi terkait digitalisasi akuntansi bisa tersampaikan dengan baik dan membantu para peserta untuk menambah pengetahuan mereka tentang akuntansi,” pungkas Riko. (tta)


369 kunjungan