Program Studi PFTV Gelar FGD Video Microlearning bersama Guru

Cetak
Image 06 Dec 2023

D’Media, (06/12/2023) – Hari Senin, 4 Desember 2023 telah diadakan acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Produksi Film dan Televisi (PFTV) Universitas Dinamika. Acara ini berlangsung di Movie Room Perpustakaan lantai 8.


Universitas Dinamika terpilih untuk membuat video microlearning swakelola tipe III, yang mana video tersebut termasuk ke dalam program Merdeka Mengajar dari Kemendikbudristek. Platform ini dibentuk untuk menunjang implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka.

 

PFTV dipercaya untuk memproduksi video microlearning yang materinya membahas tentang pembelajaran Kurikulum Merdeka bagi guru-guru sekolah yang nantinya bisa diimplementasikan saat mengajar ke anak didik mereka. Video-video tersebut terbagi menjadi dua tipe, tipe 1 merupakan gabungan live shoot dan animasi, serta tipe 3 berisi full live shoot.


Acara dibuka oleh sambutan dari Kepala Program Studi (Kaprodi) PFTV, Muhammad Bahruddin. Dalam sambutannya, Bah menjelaskan bahwa dilaksanakannya FGD untuk mendapatkan umpan balik dari para narasumber mengenai video microlearning yang telah dibuat oleh dosen dan mahasiswa PFTV. “Kedepannya, video ini akan ditujukan kepada Bapak/Ibu guru dari SD, SMP, dan SMA/SMK/MA se Indonesia.”, ujar Bah.


Terdapat sebanyak 19 peserta dan empat narasumber yang hadir dalam acara tersebut, yaitu dosen Universitas Hayam Wuruk Perbanas bernama Haekal Ridho Afandi, dosen Universitas Negeri Surabaya bernama Welly Suryandoko, guru SMAN 10 Surabaya bernama Dwi Sinta Wulandari dan guru SMPN 21 Surabaya yang bernama Bambang Juwono.


Semoga dengan terselenggaranya acara ini, video microlearning yang telah dibuat oleh PFTV Universitas Dinamika dapat membantu sebagai bahan ajar para guru di seluruh Indonesia sesuai dengan standardisasi Kurikulum Merdeka. (tta)


364 kunjungan