Kisah Elvira Kusumo Santosa: Programmer Remaja asal Tegal yang Raih Juara 3 di FITCOM

Cetak
Image 30 Nov 2023

D’Media, (30/11/2023) – Hari Rabu, 29 November 2023, telah diselenggarakan sebuah perlombaan FITCOM (Faculty of Information Technology Competition) yang diadakan di Arena Prestasi lantai 9, Universitas Dinamika. Perlombaan ini diadakan oleh Fakultas Teknologi dan Informasi (FTI) Universitas Dinamika yang terbuka untuk seluruh pelajar SMP, SMA/SMK Jawa Timur dan sekitarnya. Di FITCOM, ada 4 kategori yang dilombakan, yaitu scratch programming, computer networking, web design, dan video P5.

Elvira Kusumo Santosa adalah seorang siswi dari SMP Pius Tegal yang mengikuti perlombaan FITCOM. Ia adalah satu-satunya siswi tingkat SMP yang ikut di perlombaan ini. Dia mengikuti kategori perlombaan scratch programming yang mana ia harus membuat sistem lalu lintas dengan menggunakan program bahasa blocks.  Dengan ditemani oleh sang ibu, Elvira menempuh perjalanan hampir satu hari menuju Surabaya untuk mengikuti FITCOM. “Saya naik mobil bersama ibu saya dan baru kemarin malam saya sampai di Surabaya. Lalu, paginya langsung datang ke sini.”, ujar Elvira.

Walau dengan waktu istirahat yang kurang, siswi kelas 9 ini tetap semangat dalam mengikuti perlombaan ini. Dia berhasil menyelesaikan sistem lalu lintas tepat waktu. Dia menyusun banyak sekali blocks yang digunakan untuk mengoperasikan sistem lalu lintas tersebut. “Puji Tuhan bisa selesai, walaupun ada beberapa kendala tapi tetap bisa terselesaikan.”, ucapnya sambil tertawa kecil.


Ternyata, Elvira sangat menyukai programming. Saat ditanya mengapa suka dengan programming, Elvira menjelaskan bahwa dia senang akan tantangan saat memprogam sesuatu. “Saya belajar programming secara otodidak lewat YouTube, lalu saya praktikkan sendiri disaat waktu luang.”, katanya. Sejauh ini, Elvira pernah membuat game berjudul Just Box menggunakan engine Unity.

Usaha Elvira berangkat dari Tegal ke Surabaya pun membuahkan hasil. Ia berhasil meraih Juara 3 kategori scratch programming yang diserahkan langsung oleh Kepala Program Studi Sistem Informasi, Julianto Lemantara. Perasaan campur aduk terlihat dari raut muka Elvira karena dia tidak menyangka bahwa dia akan menjadi salah satu pemenang di perlombaan ini. “Saya senang sekali. Saya tidak sia-sia datang jauh dari Tegal dan bisa membawa pulang piala ini.”, serunya.


Dari kisah Elvira, semoga dapat menginspirasi banyak pemuda Indonesia untuk berani mencoba dan mengembangkan skill mereka lebih jauh lagi agar bisa menghasilkan prestasi yang akan menjadi kebanggaan bagi sekolah, kampus, maupun keluarga. (Tta)


1277 kunjungan