Ciptakan Poster Edukasi Pemilu untuk Pemilih Pemula, Dua Mahasiswa PFTV Universitas Dinamika Raih Juara 1 Nasional

Cetak
Image 21 Jun 2024

D’Media, FDIK – Poster adalah salah satu media yang biasa digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi. Biasanya, untuk mempertegas informasi yang disampaikan, poster juga mengandung visual-visual yang mendukung. Tidak hanya untuk menyebarkan informasi saja, namun seringkali poster juga dilombakan. Hal ini pun dilakukan oleh dua mahasiswa program studi (prodi) Produksi Film dan Televisi (PFTV) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya), yang berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dalam lomba poster.

          Kedua mahasiswa itu bernama Izzuddin Surya Walady dan Umbu Peddy Mahambilir. Mereka mengikuti lomba poster yang diselenggarakan oleh Ruang Lomba Nasional. “Ada banyak kategori lomba yang dibuka saat itu, salah satunya kami mengikuti yang kategori poster tingkat umum. Alhamdulillah bisa menang,” ujar Izzuddin.

          Udin, begitu ia biasa disapa, mengatakan bahwa tema besar dari perlombaan poster tersebut adalah ‘Indonesia Berkarya’. “Dari tema tersebut, muncullah ide untuk membuat poster seputaran pemilu,” ucapnya. Mereka mengikuti lomba ini pada sekitar bulan-bulan menjelang pemilu.

          Umbu Peddy Mahambilir, atau yang biasa dipanggil Uped, menambahkan alasan mengapa mereka mengambil pemilu sebagai tema poster mereka. “Kami ingin menambah pengetahuan masyarakat, khususnya kepada para calon pemilih yang baru pertama kali mengikuti pemilu, terkait tata cara untuk memilih,” kata Uped.

          Udin dan Uped mendapatkan informasi lomba ini melalui laman Instagram Ruang Lomba Nasional dan lomba dilakukan secara online. Setelah mendapat informasi ini, mereka pun segera mengumpulkan ide dan melakukan riset. “Kami menghabiskan waktu dua hari untuk riset dan satu hari untuk mendesain, jadi total tiga hari untuk membuat poster ini,” ungkap Uped.

          Di akhir kata, Udin pun menyampaikan harapannya. “Dengan prestasi ini, kami berharap bahwa kami makin bersemangat untuk mencari dan memenangkan lomba-lomba lainnya, yang tentunya jika menang bisa membawa harum nama kampus serta menambah portofolio kami,” pungkas Udin. (tta)


418 kunjungan