Tingkatkan Penghijauan Kampus, Undika Bikin Green Wall dengan Penyiraman Otomatis

Image 18 Feb 2020

Pemanasan global semakin menjadi pembahasan yang hangat dalam publik, salah satunya di Negara Indonesia. Hal tersebut karena pemanasan global terus meningkat dan bahkan terjadi perubahan lingkungan secara drastis. Contoh saja Indonesia yang mengalami musim kemarau berkepanjangan hingga dari pertengahan hingga akhir tahun 2019 lalu. Bahkan beberapa daerah seperti Gresik, Lamongan dan daerah lainnya untuk pertama kalinya mengalami kekeringan yang cukup parah.


Melihat hal tersebut, Universitas Dinamika (Undika) terus berupaya meningkatkan penghijauan lingkungan kampus. Salah satu program yang akan adalah membuat green wall atau vertical garden dengan penyiraman otomatis.


Awal tahun 2020, Januari lalu kami sudah menbuat vertical garden dengan konsep penyiraman secara manual. Selanjutnya akan membuat 7 lokasi (vertical garden ) lagi,” kata Kepala Bagian AU Undika Indra Gunawan, S.T.


Ia menyampaikan pembuatan green wall nantinya memanfaatkan hasil karya mahasiswa  Teknik Komputer yang berinovasi membuat alat pendeteksi kelembaban tanah dan penyiraman secara otomatis. Dengan inovasi tersebut pihaknya tidak lagi kesulitan untuk mengetahui kebutuhan tanaman dan penyiraman secara langsung.


Gun, sapaanya menjelaskan pada taman green wall pertama terdapat beberapa tanaman yang busuk dan mati. Hal tersebut karena tidak adanya tenaga khusus untuk merawat dan mengetahui kebutuhan tanaman tersebut.


“Di (Undika) tidak ada yang ahli dalam pertamanan, jadi ada yang kebanyakan air, ada yang kekurangan air,” kata dia.


Selanjutnya dalam melakukan penghijauan kampus akan menyertakan mahasiswa, kata Gunawan, karena peran seluruh staff dan mahasiswa sangat dibutuhkan. Nantinya mahasiswa bisa turut serta memberikan tanaman atau membantu merawat tanaman tersebut.


Ia juga berharap dengan memperbanyak penghijauan di kampus bisa meningkatkan kesadaran mahasiswa dan karyawan tentang pentingnya menjaga lingkungan.


“Misal membuang sampah ditempatnya, tidak menggunakan barang sekali pakai, tidak memetik tanaman sembarangan, dan terlebih bisa menaman pohon atau tanaman,” kata dia.


Ia juga menjelaskan setelah berhasil membuat green wall dengan penyiramanan otomatis, pihaknya akan membuat taman di Lantai 14 gedung merah. Selain itu pihaknya juga akan membuat membuat tanaman gantung di pagar Undika.



SEARCH