Dosen Undika Beri Tips Menjadi Kreatif Dibidang Usaha

Cetak
Image

Menjadi kreatif dalam berinovasi, membuka usaha adalah sebuah tantangan yang terbilang mudah dan juga susah. Bahkan pada titik tertentu pengusaha atau kreator bisa kehabisan ide untuk menjalankan kreativitasnya. Tapi, masalah ini bukan menjadi penghalang untuk terus berkreasi dan terus berkarya, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Dosen Desain Produk Universitas Dinamika (Undika) Mochamad Charis, S.T., M.Ds. telah memberikan gambaran dan cara untuk tetap kreatif dan mendapatkan ide dengan mudah melalui live streaming di Youtube Universitas Dinamika pada Rabu 8 April 2020 lalu.

“Untuk menjadi kreatif kita harus memahami terlebih makna kata kreatif,” kata Charis.

Menurutnya kreatif merupakan sebuah hasil karya dan inovasi dari ide yang sudah diperolah oleh seseorang. Bisa juga, kreatif merupakan kemampuan atau gagasan yang hasilkan sebuah ide untuk menyelesaikan sesuatu.

Dosen Undika atau ex- Stikom Surabaya ini menyampaikan untuk menjadi kreatif harus memiliki jiwa yang bebas, unik, spontan, cerdik yang masih mengikuti peraturan. Berikut cara untuk mendapatkan ide.


1.     Siapkan Jurnal untuk Menulis Idemu

Charis menjelaskan terkadang ide itu muncul secara tiba-tiba. Agar ide bisa diwujudkan menjadi kreativitas, kita harus menuliskan ide yang muncul tersebut.

2.     Kunjungi Tempat Baru

Dengan mengunjungi tempat baru dan berlibur akan merefresh pikiran kita untuk mendapatkan ide baru. Pada tempat baru tersebut akan mendapatkan sebuah refrensi menjadi kreatif.

“Nah tapi saat pandemic yang tidak bisa keluar, bisa juga buka literature, buku, atau mencari refrensi di internet,” kata dia.

3.     Tidak Usah Takut dan Malu

Seseorang harus berani, jangan takut salah atau juga malu. Karena dalam berkreativitas itu tidak ada yang salah dan benar, tapi bagus dan kurang bagus.

4.     Tuangkan/ Tuliskan Semua Idemu

Ia menjelaskan jika dalam sebuah pikiran memiliki banyak ide, coba untuk kreasikan atau wujudkan. Agar muncul sebuah ide yang cemerlang dari hasil puluhan ide yang dipikirkan.

5.     Perbanyak Berbincang dengan Orang Baru

Ia menyampaikan berinteraksi dengan orang baru sangat penting dalam menemukan ide. Ketika di tempat baru atau berbicara tentang hal baru dengan orang lain, sebuah ide-ide baru akan muncul. Karena seseorang tersebut menemukan hal yang baru.

(Lathifiyah)


517 kunjungan