Manfaatkan Aplikasi Brilian, Dosen Undika Gelar Kelas dan Diskusi Online

Cetak
Image


Dalam menanggapi edaran dan himbauan dari pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus korona, Universitas Dinamika menggelar kelas secara online menggunakan aplikasi Brilian. Dalam kelas online tersebut dosen secara langsung menjelaskan materi, dan mahasiswa bisa langsung tanya jawab dengan dosen.


Seperti kelas yang Dosen Sistem Informasi Ayouvi Poerna Wardhanie, SM.MB., M.M dalam mata kuliah E Bussines melakukan diskusi interaktif pada mahasiswa melalui aplikasi Brilian. Kegiatan kuliah yang diikuti oleh 45 mahasiswa ini berlangsung dengan lancar, bahkan beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan untuk berdiskusi.



“Apakah sudah jelas, atau ada yang mau ditanyakan lagi,” kata Ayouvi pada mahasiswa yang mengikuti kelas online di Perpustakaan Undika Lt 9.


Selain dari prodi Sistem Informasi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Drs Antok Supriyanto, M.MT. juga mengadakan kelas online mata kuliah Manajemen Perubahaan. Kuliah ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam, yakni seperti kegiatan kuliah biasanya.


Salah satu mahasiswi jurusan Manajemen Dewi Anindya menyampaikan baru pertama kali melakukan kelas online. Pihaknya merasa senang dengan pengalihan kelas online, sehingga bisa mengurangi kegiatan di luar rumah dan tidak khawatir dengan penyebaran virus korona.


“Pak Antok menyampaikan materi dan mengabsen mahasiswa yang mengikuti kelas. Dan bebapa kali kami (mahasiswa) diberi kesempatan untuk bertanya jika tidak paham,” katanya.


Disamping itu, Rektor Undika Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. menyampaikan sejak pagi ia memantau beberapa kegiatan kuliah online yang menggunakan aplikasi Brilian.


“Ternyata pelaksanaannya cukup efisien dan representatif, mahasiswa bisa langsung tanya kepada dosen tanpa ada halangan,” kata Prof Budi.


Ia menyampaikan tidak menduga aplikasi ini bisa berjalan secara maksimal, pasalnya aplikasi yang sudah dibuat sejak 2014 lalu belum digunakan untuk perkuliahan. Sehingga dalam menghadapi penyebaran Virus Korona ini bisa menjadi solusi agar kegiatan belajar masih tetap berlangsung meski secara online.


Aplikasi yang sudah masuk dalam International Journal Emerging Technologies in Learning  ini menurutnya sangat efektif digunakan. Apalagi internet dan layanan teknologi kampus Undika sangat memadai.


“Kuliah daring ini sudah meliputi bisa dengan video, dengan chatting dan PPT (materi). Mahasiswa yang hadir bisa termonitor terkait dengan berapa yang hadir saat ini,” katanya.


Prof Budi berharap aplikasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh dosen dan juga mahasiswa. Terlebih dalam keadaan pencegahan penyebaran virus korona di Indonesia. Belajar menggunakan Brilian dari rumah kualitasnya tidak kalah dengan kuliah di kampus, bahkan lebih efisien.




Selanjutnya, pihaknya akan menjajaki dan terus membuat kebijakan terkait kegiatan kuliah secara daring dan tatap muka. Saya berharap Undika ini benar-benar unggul dalam hal IT, lebih produktif dan berinovasi.


“Tapi tetap saja, kuliah tatap muka sangat diperlukan, jadi sebisa mungkin tetap tatap muka. Jika dan kendala hal penting lainnya bisa menggunakann daring,” kata dia.


Untuk diketahui, aplikasi Brilian ini dibuat oleh Dr. Bambang Hariadi, MPd Dr. M.J. Dewiyani Sunarto, Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom., M.Eng., Erwin Sutomo, S.Kom., M.Eng., Agus Dwi Churniawan, S.Si., M.Kom dan Sri Hariani Eko Wulandari, S.Kom., M.MT.,  dari Universitas Dinamika, Indonesia dan dibimbing oleh Rektor Universitas Dinamika Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. 


Post by PR Undika : Lathifiyah



392 kunjungan