Manfaatkan Liburan dengan Belajar Ngoding

Cetak
Image

Perlu diacungi jempol Unit Kegiatan Penalaran (UKP) mahasiswa yang bergerak dibidang pemograman Stikom Java Network (SJN), Linuk User Grub (LUG), dan Structured Query Language (SQL) Community. Pasalnya ketiga komunitas tersebut saling bekerjasama dan berkolabori untuk memberikan tambahan ilmu bagi adik tingkatnya terutama prodi Sistem Informasi dengan cuma-cuma.

Kegiatan ini bertajuk BEGIN 1.0 yang artinya belajar ngoding, dan 1.0 karena kegiatan ini baru pertama kali dilakukukan. Tak ada ketua panitia, hanya memilih koordinator tiap komunitas. Selain dilakukan secara sukarelawanm, peserta juga tidak dipungut biaya alias free. Kegiatan ini berlangsung selama 3 Minggu, yang dilaksanakan 3 hari setaip minggunya.

Minggu ini sudah berjalan dan masih tersisa dua minggu kedepan. Materinyapun bergantian setiap hari, mulai Senin Java, Selasa Web, dan Rabu SQL. Pada hari ini Rabu (6/2), ada dua materi yang disampaikan SQL dan Web melihat Selasa kemarin, ditiadakan karena libur hari raya imlek.

Setiap komunitas dipandu oleh 2 pameteri dan tim untuk membantu proses pembelajaran. Tanpa ada paksaan, mahasiswa tersebut membagi ilmunya dengan suka rela sekaligus mengisi waktu luang liburan semester dengan hal yang positif.

“Kita mengajarkan pengenalan dasar, biar mahasiswa dapat menerima materi perkuliahan satu langkah dan dua langkah ke depan karena materi ini akan mereka tempuh pada semester dua mendatang.” Papar Irvan Alfaridzi Dwi Parastowo dari komunitas LUG.

Selain sebagai aktifis dan berjiwa sosial, Irvan juga memberikan pesan pentingnya kegiatan ini. “Pada akhir acara nanti, teman-teman akan diajarkan GIT HUB yaitu memori data base internet, semua data kodingan kita akan terekam disitu. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai portofolio project. Keuntungannya, materi ini tidak diajarkan pada mata kuliah tapi dapat dipelajari dengan mengikuti begin 1.0.” Tambah mahasiswa semester 4 itu.

Rencanaya GIT HUB akan dipandu oleh ketua LUG Nashir Jamali dan Sebastian Sembara. (els)


262 kunjungan