Gelaran Tugas Akhir Universitas Dinamika, Pamerkan Produk-produk Aplikatif

Cetak
Image

SURYA.co.id | SURABAYA - Memasuki semester akhir, para mahasiswa Universitas Dinamika unjuk kemampuan melalui gelaran pameran yang berlangsung di Grand City Mall Surabaya.

Total terdapat 19 karya dari mahasiswa tiga prodi Fakultas Teknologi dan Informatika, yakni S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Desain Produk, serta D4 Produksi Film dan Televisi.

Produk yang ditampilkan dalam pameran bertajuk 'Gestaltif Gusto' itu beragam. Semuanya merupakan produk aplikatif yang menjawab kebutuhan masyarakat.

Indri Okta Wardani misalnya, mahasiswi semester 7 S1 Desain Komunikasi Visual ini menciptakan produk yang bermanfaat bagi anak-anak penyandang tunanetra.

Ia membuat tactile book yang menyajikan visualisasi yang dapat diraba dengan ditampilkannya tekstur pada tiap objek. Dilengkapi dengan kalimat penjelas menggunakan huruf braille.

"Target utama saya ialah teman-teman tunanetra. Pembahasannya berfokus pada klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya yang diambil dari kompetensi dasar SD luar biasa kelas 5 yaitu mendeskripsikan bentuk luar tubuh hewan dengan ciri serta penggolongannya," papar Indri.


Sebagai mahasiswi desain komunikasi visual, Indira ingin menyampaikan pesan visual kepada semua orang, termasuk pada tunanetra.

"Jarang sekali ada buku tactile seperti ini, apalagi di Surabaya. Kalau ada biasanya hanya mengenalkan bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran atau bentuk kerangka manusia," Indri menguraikan.

Selain memanfaatkan kertas timbul, Indria juga memakai material lain seperti kain flanel. Hal ini membantu sensorik anak tunanetra.

"Total ada 12 hewan yang diklasifikasikan menjadi tiga yakni kelompok herbivora, karnivora, dan omnivora. Harapannya anak-anak tunanetra tidak hanya belajar dari huruf braille, melainkan juga dari gambar," ungkapnya


Mengenai tantangan, Indira sedikit kesulitan dalam membuat braille. Pasalnya, ia harus mencari material yang pas.

"Akhirnya saya tempel manual memakai nail art dan lem tembak. Bukunya juga dilengkapi gambar-gambar supaya orangtua tertarik," kata Indira.

Berbeda dengan yang diciptakan oleh Shinta Dewanti Salsabila, mahasiswi Desain Produk ini mendesain produk baby stroller atau kereta dorong bayi dengan penambahan kursi lipat untuk pengasuh.

Kursi tersebut diposisikan pada bagian depan. Melalui inovasi ini, Shinta berharap dapat membantu orangtua atau pengasuh dalam merawat si kecil.

"Saya dapat ide ketika melihat ibu-ibu yang membawa anaknya dalam stroller. Kalau di tempat umum mereka harus cari kursi kalau ingin menyuapi atau mengganti popok," Shinta menerangkan.

Kalau tidak, lanjutnya, mereka harus membungkuk. Alhasil, badan akan terasa pegal dan tidak nyaman.

"Melalui produk ini saya ingin memudahkan hal tersebut. Stroller ini dilengkapi tempat duduk pada bagian depan. Selain itu juga bisa dilipat sehingga mudah dibawa ke mana-mana," jelasnya.

Dengan adanya pameran ini, ia berharap bisa memperkenalkan produk-produk karya mahasiswa dan mahasiswi Universitas Dinamika. Di samping bisa membantu menyelesaikan masalah di masyarakat.

Pameran tersebut juga menghadirkan berbagai produk lainnya meliputi destination branding, corporate branding, iklan layanan masyarakat, buku kesehatan, buku edukasi, produk kesehatan, hingga produk daur ulang.

"Pameran ini berlangsung mulai Kamis (12/4/2020) sampai Sabtu (14/4/2020). Selain pameran, ada juga talkshow, workshop, dan penampilan musik," ungkap Audhira Putri Purnomo, ketua panita Gestaltif Gusto.

Di samping sebagai kewajiban tugas kuliah, ia berharap gelaran ini dapat menjadi wadah para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Dinamika dalam berkreasi.

"Harapannya teman-teman bisa mendapat klien. Rata-rata, kebanyakan ingin bekerja sebagai freelancer. Kali ini yang dipamerkan juga beragam, lengkap dari identitas sampai produk," tandasnya.



Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Gelaran Tugas Akhir Universitas Dinamika, Pamerkan Produk-produk Aplikatif, https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/12/gelaran-tugas-akhir-universitas-dinamika-pamerkan-produk-produk-aplikatif?page=2.
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca


Repost Oleh PR Undika

Lathifiyah


561 kunjungan