Virus Korona, Rektor Undika Sarankan Warga Jalankan Imbauan Pemerintah

Cetak
Image

Rektor Universitas Dinamika Prof. Dr. Budi Katmiko, M.Pd. menyarankan agar warga mengikuti himbauan dari pemerintah dalam menanggapi adanya penyebaran virus korona. Hal tersebut untuk mengurangi kepanikan yang terjadi dalam masyarakat.

“Masyarakat itu sebaiknya mengikuti himbauan pemerintah, seperti menteri kesehatan, maupun Walikota Surabaya. Jadi tidak perlu panik, karena mengikuti himbauan ahlinya,” kata Prof. Dr. Budi Katmiko, M.Pd.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh masyarkat terkait penyebaran virus korona di Indonesia. Yakni dengan menjaga kesehatan, olahraga, pola hidup sehat, mencuci tangan secara berkala sebelum memegang wajah, tidak pergi kelur negeri atau wilayah rawan penularan virus jika tidak mendesak.

Budi menjelaskan waspada memang diperlukan, hal tersebut untuk mengantisipasi adanya virus korona. Apalagi penyebaran virus korona ini tidak terlihat secara pasti pada orang yang terjangkit.

“Tapi kita harus tetap menjaga situasi kondusif, tidak perlu panik dan sebisa mungkin tidak menyebarkan berita bohong terkait virus korona,” kata dia.

Ia mengkhawatirkan jika banyak informasi dengan konten menakuti masyarakat akan menambah kepanikan atau stress, sehingga banyak yang melakukan hal berlebihan. Misalnya tidak melakukan aktivitas keluar rumah, memborong bahan makanan, masker dan masih banyak lagi.

Dalam menghadapi penyebaran virus tersebut, Rektor Undika menyampaikan telah menginstruksikan agar di lingkungan kampus Undika dilengkapi dengan sanitizer. Sehingga mahasiswa dan karyawan bisa menjaga kebersihannya.

“Ini memberi antiseptik di tempatkan di beberapa titik sebagai upaya kami menjaga kebersihan,” kata Rektor Undika.

Prof. Budi berharap wabah atau virus yang menjadi pembahasan di dunia ini segera berakhir dan dapat ditanggulangi dengan baik. Sehingga kondisi semua bangsa, khususnya Indonesia kembali stabil baik dalam kehidupan sosial, ekonomi dan juga sektor pariwisata.

Ia juga menyampaikan, karena Indonesia memiliki rempah-rempah yang berlimpah, masyarakat bisa meminum jamu untuk menambah kekebalan tubuhnya agar tetap sehat.

“Jadi saya juga suka minum empon-empon, dan menurut saya itu alternatif  jamu yang bagus, karena alami,” katanya.


322 kunjungan