“Uasikin Aja” Karya Mahasiswa Tahun ini Lebih Menarik

Cetak
Image

UAS) mata kuliah nirmana dan typografi. Nirmana sendiri berasal dari kata niryang artinya tanpa dan mana yang artinya bentuk jika digabung artinya tanpa bentuk namun dapat memberikan hasil visual. Sedangkan typografi yaitu pembuatan karya dengan bentuk huruf yang bermacam-macam.

Wahyu Hidayat  selaku dosen pengampu typografi mewajibkan mahasiswa untuk menggelar pameran agar karya yang dibuat tidak sia-sia dan dapat dinikmati oleh orang lain baik itu tugas kelompok maupun individu. “Secara karya konsep karya lebih matang, secara display pameran karya juga lebih rapi dibanding tahun lalu.” Papar Dayat.

Pameran diselenggarakan selama dua hari di ruang Laksda Mardiono lantai 1 Stikom Surabaya dari pukul 10.00 hinga 16.30. Setiap mahasiswa membuat 1 karya individu dan 1 karya kelompok yang terdiri dari 4 orang sehingga menghasilkan sejumlah 100 karya lebih. Karya ini diajukan untuk penilaian pada Rabu (9/1). Pembuatan satu karya memakan waktu 3 minggu.

“Sebenarnya sudah 3 minggu diberi waktu pengerjaan terhitung sebelum libur kemarin dan karyanya juga berkelompok.” Jelas dosen DKV itu.

Jika diamati dari berbagai hasil karya kelompok mahasiswa, akan menemukan imajinasi alam bebas dan hewan-hewan. Dominan mahasiswa membuat bentuk-bentuk hewan dengan memanfaatkan bulu ayam. Ada pula bentuk ikan yang lengkap dengan bebatuannya dan menggunakan media kacang-kacangan yang sulit ditebak ternyata menggunakan kacang. (els)


443 kunjungan