Bangun Percaya Diri, Undika Tampilkan 350 Karya di Pameran Esensi

Cetak
Image

Universitas Dinamika (Undika) Surabaya menampilkan 350 karya ilustrasi dan fotografi dalam kegiatan Pameran Esensi di Gedung Serbaguna, Senin 03 Februari 2020. Kegiatan yang digelar sebagai tugas Ujian Akhir Semester (UAS) ini bertujuan mengembangkan kreativitas dan rasa percaya diri atas karya yang dihasilkan setiap mahasiswa.

Pembina Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Undika Surabaya Wahyu Hidayat, S.Sn., M.Pd. menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Pameran ini merupakan proses mahasiswa dalam mengeksplorasi sekaligus praktik matakuliah yang sudah diampunya.

“Pameran ini menampilkan empat karya dari empat mata kuliah yakni Fotografi, Ilustrasi Digital, Nirmana Dwimarta dan Gambar Ekspresi,” kata Hidayat sapaannya usai membuka kegiatan Pameran Esensi DKV di Gedung Serbaguna Undika Surabaya, Senin 03 Februari 2020.

Menurutnya, dengan mengadakan pameran kolaborasi dua angkatan ini bisa memicu mahasiswa untuk lebih tertantang untuk berkarya, menjalin solidaritas lintas angkatan, dan menumbuhkan kompetisi yang sehat. Pihaknya pun mengupayakan agar mahasiswa Undika bisa menjadi desainer profesional setelah masa pendidikannya usai.

Pembina yang juga Dosen DKV Undika Surabaya ini juga berharap agar karya mahasiswa yang lulus bisa dimanfaatkan atau dikonsumsi oleh masyarakat secara luas, khususnya perusahaan-perusahaan yang besar.

“Sehingga outpunya itu bisa bermanfaat nantinya. Jadi (karyanya) tidak hanya dikonsumsi sendiri,” kata dia.

Hidayat juga berharap agar mahasiswa Undika terus berkarya dan dikenalkan dengan masyarakat dan mahasiswa eksternal. Seperti kegiatan pameran saat ini yang akan didatangi oleh beberapa mahasiswa dari beberapa kampus seperti UK Petra, UPN, Ubaya dan lainnya.

Disamping itu, Ketua Pelaksana Arrozy Al Khudlery (19 tahun) menyampaikan tema yang diusung dalam pameran ini adalah Expreonisme, yang memiliki bermaksud memberikan kebebasan berekspresi dalam berkarya. Sehingga sebanyak 350 karya memiliki judul dan tema yang beragam.

“Sehingga dengan nama acara ini Esensi, setiap karya itu mempunyai makna yang bisa dinikmati orang-orang dengan prespektif yang berbeda-beda,” kata Mahasiswa DKV Undika angkatan 2018 ini.

Ia menjelaskan kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari yakni Senin-Selasa 03-04 Februari 2020 mendatang. Diharapkan seluruh mahasiswa maupun masyarakat umum bisa berkunjung dan menikmati hasil karya Mahasiwa Undika Surabaya.

Arrozy juga berharap agar hasil karya dalam Pameran Esensi DKV Undika Surabaya ini tidak hanya dilihat dan dikenal dalam universitas saja, tapi juga masyarakat dan mahasiswa luar kampus. (Lathifiyah)