SMK Indo Baruna Perdalam PLC di Prodi Teknik Komputer Undika

Cetak Image 24 Jun 2022

D’Media (24/06/2022) – Menutup pertengahan tahun ini, S1 Program Studi Teknik Komputer (Prodi TK) Universitas Dinamika (Undika) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi siswa SMK Indo Baruna. Sebanyak 13 siswa dari Jurusan Teknika Kapal Niaga mengikuti pelatihan Programmable Logic Controller (PLC) selama empat hari mulai hari Senin (20/06) hingga Kamis (23/06).

“Hari pertama tentunya mengenal konsep PLC karena ternyata mereka belum mengenal sama sekali, sekaligus mengenalkan cara merakit,” ujar Pauladie Susanto selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) S1 Teknik Komputer ini. Kemudian pada hari kedua, para siswa yang seluruhnya laki-laki tersebut juga dibekali materi tentang logika dalam PLC dan bagaimana masuk ke dalam bahasa pemogramannya. “Untuk hari ketiga, para siswa ini diajarkan tentang bagaimana mereka bisa menyimpan informasi untuk bekal praktek di hari terakhir,” lanjut Pauladie. Tidak hanya dibekali teori-teori seputar PLC, para siswa yang hadir juga diajak praktek langsung memecahkan masalah dalam kegiatan sekuensial. Dalam praktek tersebut, para siswa terbagi menjadi beberapa kelompok untuk bisa mencoba secara langsung komponen dan alat-alat yang dimiliki oleh Prodi S1 Teknik Komputer.



Pauladie menuturkan bahwa dirinya dan seluruh tenaga pendidik Prodi S1 Teknik Komputer yang terlibat dalam ADBIMAS ini merasa takjub dengan semangat para siswa SMK Indo Baruna. “Mereka sangat aktif menjawab dan seperti tidak punya lelah untuk belajar. Terlebih mereka juga menerapkan kode etik yang mereka dapatkan di sekolah saat menjalani pelatihan ini,” ujar Pauladie sembari tersenyum. Oleh sebab itu ia berharap semua ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini dapat berguna dikemudian hari. “Semoga yang dipelajari ini dapat berguna saat mereka terjun di lapangan nantinya,” pesan Pauladie.

Salah satu siswa yang mengikuti pelatihan, Moch. Rizal Efendi mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. “Pelatihannya seru membuat kami betah utnuk belajar. Kami juga semakin mengerti tentang aliran listrik dan cara kerjanya,” ujar siswa kelas 10 ini. Bahkan Rizal mengaku ia dan teman-teman yang mengikuti kegiatan ini sharing ilmu yang didapat kepada siswa lain di SMK Indo Baruna. Ia pun berharap kedepannya Undika bisa bekerja sama dengan SMK Indo Baruna lagi untuk kembali mengadakan kegiatan serupa. ”Semoga teman-teman yang lain bisa kesini (Undika) untuk merasakan kegiatan bermanfaat ini,” tutur  Rizal.  (Cla)


SEARCH