Ghea Sonja Serukan Naik Angkutan Umum Lewat Comic Strip

Cetak Image 21 Jun 2022

D’Media (21/06/2022) – Geliat prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswa S1 Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dinamika. Ghea Sonja Imanda, salah satu mahasiswa angkatan 2020 ini baru saja meraih Juara III Comic Strip dalam Bharatika Creative Design Festival 2022. Dalam lomba tingkat nasional ini, Ghea berhasil menarik hati para juri dengan karyanya yang berjudul "Makanya Naik Angkutan Umum Aja!".

Pada comic strip tersebut, Ghea menceritakan sebuah situasi seorang karyawan yang mengeluh tentang kemacetan di Ibukota. “Ide awalnya tuh dari kakak saya yang kerja di Jakarta. Tiap pulang ke Surabaya selalu mengeluhkan misalnya mau ke bandara harus berangkat pagi-pagi sekali karena dimana-mana jalanan macet,” tutur Ghea. Ia pun mengemas keluh kesah tersebut menjadi sebuah comic strip yang menarik dan sarat makna karena didalamnya terdapat pesan bagi masyarakat untuk mau menggunakan angkutan umum. “Jadi sesuai dengan tema lombanya, didalam komik saya masukan ajakan bagi masyarakat untuk mau naik angkutan umum agar tidak terjadi kemacetan,” ungkap mahasiswa yang aktif HIMA ini.

Ghea mengungkapkan bahwa ini adalah kali kedua ia berpartisipasi dalam Lomba Bharatika yang diadakan oleh Universitas Kristen Petra. Pada tahun 2021 Ghea juga pernah mengikuti lomba comic strip namun tidak mendapatkan juara. “Tahun ini menang, rasanya senang dan tidak menyangka karena menurut saya karya yang saya buat masih kurang maksimal karena dalam pembuatannya fokus saya juga terpecah untuk mengerjakan tugas kuliah dan tugas HIMA juga,” terang mahasiswa berhijab ini.

Memegang erat prinsip tetap semangat dan tidak takut gagal, Ghea ingin terus mengimprovisasi skillnya dengan mengikuti beragam kompetisi. “Harapannya bisa bekerja di perusahaan web comic bagian colorist atau pembuat sketchnya karena saya memang suka ilustrasi,” terang Ghea.

Harapan tersebut pun diaminkan oleh Evi Farsiah, dosen wali Ghea di Prodi DKV Undika. Evi mengaku bahwa semenjak awal masuk kuliah, Ghea punya potensi untuk menjadi yang terbaik karena dia punya mindset untuk terus tumbuh dan mengembangkan skillnya. “Tercermin di nilai-nilai tugas dan ujiannya yang selalu bagus. Tapi itu membuat Ghea ingin memperkaya pengalaman dan karyanya, terutama di bidang ilustrasi grafis,” tuturnya. Evi pun berharap Ghea bisa meraih impiannya baik dalam studi maupun karirnya mendatang. (Cla)


SEARCH