Tingkatkan Rasa Peduli Lingkungan Melalui Lomba Defotion BEM Undika

Cetak Image 19 May 2022

D’Media (19/05/2022) – Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap bumi, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Dinamika menggelar lomba poster tingkat nasional bertajuk Defotion. Lomba yang diadakan bertepatan dengan Hari Bumi ini mengusung tema Revitalisasi 1 Aksi 1 Restorasi untuk Kontribusi Limbah dalam Kerusakan Bumi.

 “Tema ini kita (BEM) pilih dengan tujuan agar peserta lomba meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada bumi,” tutur Giga Razki Arianda selaku Ketua Pelaksana. Giga menuturkan bahwa perlombaan ini diikuti oleh 180 dari dalam dan luar kota diantaranya adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Sumatera, Lampung, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua. “Dari 180 peserta itu dipilih tiga pemenang yang dinilai dari segi orisinalitas, kesesuaian tema, visualisasi dan juga manfaatnya,” ungkap mahasiswa Teknik Komputer ini.

Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi Proker Tahunan BEM Undika di tahun-tahun berikutnya. “Tidak menyangka pesertanya sebanyak ini, tapi semoga bagi para peserta yang belum mendapatkan juara pada lomba Defotion ini tetap semangat berkarya karena menurut saya karya dari setiap peserta sudah sangat bagus sekali,” ujar Giga.

Salah satu peserta lomba Defotion yang juga meraih Juara II, Ananda Oktaviani merasa terkejut sekaligus bangga bisa mendapatkan peringkat dalam lomba ini. “Konsep yang saya tampilkan ini ada unsur gambar perempuan dan laki-laki yang memegang globe, masing-masing menggambarkan keadaan laut satu sisi laut yang asri dan satu sisi tercemar limbah plastik,” jelas siswi dari SMK Negeri 5 Surabaya ini. Lebih lanjut siswi kelas 13 ini menjelaskan bahwa ia menggunakan aplikasi Ibis Paint X dan dibantu dengan Software CorelDRAW. “Saya gambar dulu semuanya di Ibis Paint X, baru dirangkai di CorelDRAW, untuk teksnya saya ketik langsung di CorelDRAW,” ungkapnya menjelaskan.


Okta, sapaan akrabnya memberikan pesan bagi teman-temannya yang lain untuk tetap mau merawat dan menjaga lingkungan mulai dari diri sendiri. “Seperti mengurangi penggunaan plastik, contohnya membawa tas belanja sendiri, mengurangi penggunaan sedotan plastik dan membawa botol minum sendiri,” pesan Okta. (Cla)


SEARCH