Geraldhi Aditya, Wisudawan Cumlaude yang Raih Dua Sertifikasi Internasional

Cetak Image 26 Apr 2022

D’Media (26/04/2022) – Salah satu alumnus S1 Teknik Komputer Universitas Dinamika (Undika) berhasil meraih dua sertifikasi internasional sekaligus yaitu Cisco Certified Network Associate (CCNA) dan MikroTik Certified Network Associate (MTCNA). Geraldhi Aditya Putra Mahayadnya, alumnus angkatan 2018 ini menjadi orang pertama yang bisa lulus ujian sertifikasi internasional CCNA semenjak Undika berdiri.

“Saya merasa bangga dan bahagia karena bisa memiliki dua sertifikasi internasional sekaligus, hal ini sudah saya impikan sejak 5 tahun yang lalu di saat saya pertama kali mengenal jaringan komputer,” ujar alumnus SMKN PGRI Wlingi Kabupaten Blitar ini. Gerald menuturkan bahwa dirinya merasa tertarik untuk mencoba mengikuti ujian sertifikasi tersebut karena banyak orang yang membicarakan bahwa kedua sertifikasi tersebut menjadi salah satu kualifikasi untuk bisa bekerja di bidang Jasa Layanan Internet.

Dalam mempersiapkan kedua ujian sertifikasi ini, Gerald pun belajar dengan tekun dan berusaha mengikuti pelatihan-pelatihan baik secara offline maupun online.  “Untuk sertifikasi MTCNA saya sudah belajar sejak bulan Februari bersama teman-teman Teknik Komputer Angkatan 2018,” jelasnya. Ia dan teman-temannya belajar melalui sesi pelatihan dan modul yang dibagikan oleh salah satu dosen pembimbing, Heri Pratikno. Sedangkan untuk ujian CCNA, Gerald mempelajari modul online, menonton video materi CCNA di YouTube, mengikuti pelatihan online serta mengerjakan kegiatan-kegiatan lab di Cisco Packet Tracer untuk mendalami materi tersebut.

Gerald yang baru saja diwisuda pada Sabtu (23/04) lalu ini sudah diterima bekerja sebagai IT Specialist pada bagian di salah satu bank swasta di Indonesia. Tidak berhenti disitu, kedepannya Gerald masih ingin mengambil sertifikasi internasional dengan level yang lebih advanced dan terus mengembangkan skill di bidang Jaringan Komputer dan Administrasi server. “Saya ingin memberikan contoh kepada mahasiswa Teknik Komputer lainnya bahwa kedua sertifikasi ini tidak sesulit yang mereka bayangkan. Ini pasti dapat diraih dengan cara tekun dalam belajar dan mempraktikkan materi yang telah didapatkan,” tutur alumnus yang aktif menjadi anggota BEM periode 2020-2021 ini.

Tidak hanya Gerald, rasa bangga pun juga diungkapkan oleh Heri Pratikno yang juga merupakan Instruktur MikroTik Academy di Undika. “Ujian sertifikasi CCNA ini sangat sulit karena kompleksitas dan keluasan materi yang diujikan yaitu Networks Fundamentals, Network Access, IP Connectivity, IP Services, Security Fundamentals, Automation and Programmability. Dari keenam seksi materi ujian tersebut, Geraldhi lulus dengan nilai rata-rata persentasenya sebesar 83%,” tutur Heri. Dengan adanya prestasi yang diraih Gerald ini, Heri berharap Gerald dapat berkarya ditengah-tengah masyarakat dan berprestasi baik dalam skala nasional maupun internasional. Tidak lupa Heri pun berpesan kepada para mahasiswa S1 Teknik Komputer Undika untuk mau serius dalam belajar dan terus memiliki semangat yang tinggi. “Nikmati prosesnya dan raih hasilnya, karena tidak ada yang tidak mungkin bisa kita lakukan selama kita mau dan mampu, kita pasti bisa,” pesan Heri. (Cla)


SEARCH