Sasar Generasi Milenial, TVRI Gandeng Profiti Undika di Program Beranda Kampus

Cetak
Image 17 Mar 2022

D’Media (17/03/2022) – Sekelompok mahasiswa beralmamter sibuk menyiapkan berbagai keperluan live di perpustakaan Universitas Dinamika (Undika) pada Rabu (15/03). Bukan tanpa sebab, para mahasiswa dan sejumlah perwakilan dosen dari Program Studi DIV Produksi Film dan Televisi (Profiti) dipilih menjadi narasumber dalam program acara Beranda Kampus yang diselenggarakan oleh TVRI.

Adalah Karsam, Muhammad Bahruddin, dan Elia Pramana yang berkesempatan untuk membagikan ilmu dan pengalamannya dalam topik Perkembangan Seni dan Media: dari Konvensional ke Kreatif Digital.

“Perkembangan media dari mainstream ke digital menjadi penting saat ini karena media tidak hanya menayangkan berita atau informasi saja tetapi juga menawarkan kreativitas yang bisa dibuat oleh khalayak,” ujar Kaprodi Profiti, Muhammad Bahruddin.

Melihat pergeseran fungsi media saat ini, Bahruddin menilai bahwa masyarakat sebagai pengguna aktif media sudah memiliki banyak kemampuan dalam menampilkan potensi dan mengeluarkan kreativitas mereka untuk menghasilkan profit pribadi hingga meningkatkan citra diri.

“Seperti case Ghazali Everyday. Itu membelalakkan mata kita bahwa dengan media digital semua kreativitas bisa dilakukan untuk mendapatkan cuan,” tutur Bahruddin.


Pada kesempatan yang diberikan oleh TVRI ini, Bahruddin ingin mengedukasi para penonton untuk menjadi khalayak yang tech-savvy dan lebih aware dengan pergeseran media yang cukup drastis saat ini.

“Selama kita aware dengan teknologi, kita tidak akan kehilangan informasi yang kita inginkan,” ujar dosen pengampu mata kuliah Kritik Film ini. Ia berharap kerjasama dengan TVRI ini dapat memberi peluang bagi Prodi Profiti untuk lebih dikenal masyarakat luas. “Harapannya masyarakat tahu bahwa Profiti menjadi salah satu prodi yang potensial di era sekarang,” tegas doktor ilmu komunikasi di bidang media dan perfilman ini.  

Sementara itu, produser program Beranda Kampus, Iwan Tuwanakotta menjelaskan bahwa konsep acara ini adalah sebagai wadah bagi mahasiswa dan generasi muda untuk bisa berkontribusi secara optimal baik dari saran, masukan, hingga pemikiran.

Harapannya para mahasiswa bisa menjadi subyek bukan obyek. Aspirasi mereka kita dengar lewat program ini,” ujar Iwan.

Iwan menyebut, pemilihan Undika sebagai pendukung program Beranda Kampus ini adalah karena output yang dihasilkan oleh Undika dianggap mampu menjadi trigger dan inspirasi bagi masyarakat bahwa mereka memiliki kontribusi di tengah masyarakat.

“Kita (TVRI, Red) melihat bahwa Undika memahami konsep digital, sistem digital, dan techno digital. Dari sini muncul kreator-kreator seni khususnya dibidang digital,” kesan Iwan.

Iwan menegaskan bahwa saatnya para generasi milenial siap berkontribusi dalam hal pembangunan di bidang apapun. Pria berpostur tinggi ini berharap agar anak muda sekarang punya bekal yang cukup di bidang keilmuan lain untuk terjun di masyarakat.

“Jadilah pilar utama di masa depan. Generasi muda yang hebat, kuat, gak baperan, gak mageran,” pesan Iwan. (Cla


436 kunjungan