Wakil Ketua BEM Undika Perkaya Hard Skill di Petrokimia Gresik

Cetak
Image 09 Mar 2022

D’Media (9/03/2022) – Duduk dibangku perkuliahan menjadi fase untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Oleh sebab itu para mahasiswa tidak bisa hanya mengandalkan teori-teori yang dipelajari selama di bangku kuliah namun juga harus menyeimbangkan antara soft skills dan hard skills. Hal ini rupanya menjadi perhatian Nazila Masyrifaini, mahasiswa Sistem Informasi Universitas Dinamika yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua BEM Kabinet Badranaya 2022. Di tengah kesibukannya mengurus beragam program kerja BEM, Nazila mengikuti kegiatan Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di PT. Petrokimia Gresik.

“Sebenernya PT. Petrokimia Gresik ini menjadi target pertama dan saya sangat menginginkan magang disini untuk tempat belajar serta mengasah kemampuan saya,” ujar mahasiswa angkatan 2019. Nazila mengungkapkan bahwa pada saat tahu PT. Petrokimia Gresik menjadi salah satu mitra MBKM ia sangat bersemangat untuk mendaftar. “Saya langsung mendaftar di dua bidang yaitu Goods & Service Procurement Intern dan Knowledge Management, dan akhirnya saya dinyatakan lolos di bidang Knowledge Management,” ungkap Nazila. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saat ini ia dan tim dari PT. Petrokimia Gresik sedang melakukan analisis sistem dan proses bisnis yang ada pada Departemen Inovasi dan Sistem Manajemen. Selain itu ia juga turut membantu dalam penyusunan program kerja yang ada pada Departemen Inovasi dan Sistem Manajemen.

Sebelumnya, Nazila juga pernah mengikuti kegiatan Studi Independent di PT. Andromedia pada tahun 2021 silam dan berkontribusi di Divisi Implementator Enterprise Resource Planning (ERP). Pada saat itu ia membuat proyek untuk membantu UMKM Chipsang yang berbisnis keripik pisang untuk bisa mengalihkan sistem pencatatan transaksi mereka yang awalnya manual menjadi sebuah sistem yang tersruktur. “Dari hasil studi independent di tempat sebelumnya, saya merancang sistem ERP terkait pembuatan desain basis data dan desain sistem untuk menunjang sistem ERP di UMKM tersebut,” jelas Nazila. Ia berujar bahwa sangat senang bisa memanfaatkan yang ada. Menurutnya dengan aktif diberbagai kegiatan ini dapat menantang dirinya sendiri untuk merambah di luar dunia perkuliahan dan membawa dirinya untuk mendapatkan ilmu yang sebelumnya belum didapatkan di bangku kuliah. “Pesan saya untuk teman-teman, manfaatkan peluang dan maksimalkan fasilitas yang ada karena saya yakin akan ada sesuatu yang cerah di dalamnya,” ungkap Nazila. (Cla)


385 kunjungan