Perdalam Ilmu AI di Studi Independent Mari Belajar Indonesia Cerdas

Cetak
Image 08 Mar 2022

D’Media (8/03/2022) - Ketersediaan infrasturktur digital yang salah satunya adalah Internet of Things (IoT) menjadi hal fundamental di tengah masyarakat modern saat ini. Kebutuhan akan IoT diberbagai lini kehidupan masyarakat memberikan beragam fasilitas dan juga sebagai penunjang padatnya mobilitas. Hal ini menarik minat Ridlo Alfatoriq Putro, salah satu mahasiswa Prodi Teknik Komputer untuk mengikuti Studi Independent di Mari Belajar Indonesia Cerdas. Pada program Studi Independent ini, Ridlo masuk dalam divisi Intelligence Cloud Program.

Divisi Intelligence Cloud Program ini memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi engineer, baik engineer cloud, data hingga Artificial Intellegence dalam pengembangan karir di masa depan,” ungkap mahasiswa angkatan 2018 ini. Ridlo yang sudah memulai kegiatan Studi Independent sejak 7 Februari 2022 ini sudah melakukan beberapa kegiatan dan praktik yang berhubungan dengan Microsoft Azure salah satunya adalah belajar deploy database pada Azure. “Para peserta magang juga diberi beberapa tugas dari Mari Belajar Indonesia Cerdas diantaranya adalah memperdalam konsep kuery data di Azure, membuat Azure database untuk Postgre SQL, hingga memahami data relasional, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari Postgre SQL,” jelas Ridlo.

Melalui proses yang sudah dijalani ini, Ridlo mengaku menjadi lebih memahami tentang layanan Azure Virtual Machine, Azure Key Vault, Azure IoT, serta Azure Bot Service. “Selain itu saya juga jadi tahu bagaimana cara membuat database di Azure dengan melakukan aktivasi sandbox dan deploy database pada Azure SQL Server Management Studio 18 (SSMS) dengan kunci Server pada Azure,” lanjutnya. Ridlo yang juga beberapa kali menciptkan karya inovasi berupa Dinamika Automatic Sanitizer dan Mobil Listrik Undika ini berharap Mari Belajar Cerdas Indonesia ini bisa membuka program magang dan melaksanakan acara bursa industri karena ia melihat bahwa mitra Mari Belajar Cerdas Indonesia sangat banyak. “Jadi harapannya mahasiswa yang mengikuti program Studi Independent bisa memantaskan skill yang sudah di dapat pada kegiatan magang selanjutnya,” harap Ridlo. Ia juga berpesan teman-temannya yang lain untuk bisa memanfaatkan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka karena program ini sangat penting dan recommended. (Cla)


398 kunjungan