Manajemen Undika Resmikan Peminatan Manajemen Pariwisata

Cetak Image 24 Dec 2021

Manajemen Universitas Dinamika (Undika) atau STIKOM Surabaya meresmikan peminatan Manajemen Pariwisata pada semester ganjil 2021. Peminatan ini nantinya akan fokus pada pengembangan, pengelolaan, dan manajemen pariwisata, sehingga mencetak yang lulusan yang dapat meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia, khususnya Kota Surabaya. 

Rektor Undika Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. menyampaikan manajemen pariwisata ini sangat penting, apalagi terdapat fakta bahwa sektor pariwisata bisa mendongkrak perekonomian Indonesia. 

“Jadi diperlukan sumber daya manusia untuk mengelola sektor pariwisata agar lebih siap menerima wisatawan mancanegara,” kata Prof. Budi dalam sambutannya dalam launching Peminatan Manajemen Pariwisata secara daring, Rabu 22 Desember 2022. 


Menurutnya kekayaan alam, sejarah, budaya di Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lainnya dalam sektor pariwisata jika dilakukan manajemen yang baik. Sehingga wisatawan yang datang ke objek wisata dengan sukarela merekomendasikan dan mempromosikannya ke keluarga, teman atau sosial medianya. 

Disamping itu, Tim Ahli Cagar Budaya Kota Surabaya Dr. Ir. RA. Retno Hastijanti, M.T. IPU. mengatakan adanya institusi-institusi baru seperti Universitas Dinamika ini yang membuat program peminatan Manajemen Pariwisata ini sangat membantu pemerintah kota dalam mendongkrak sektor pariwisata, khususnya setelah masa pandemi nanti.

"Apalagi pariwisata dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) itu menjadi salah satu hal utama untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya," kata Hasti. 

Ia juga menyampaikan dengan adanya peminatan sektor pariwisata bidang akademik ini ada kolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya untuk mengembangkan pariwisata di Kota Pahlawan. Terlebih dalam bidang manajemennya, pemasarannya dan hal lain yang menunjang di lapangan.

Hasti, sapaan akrabnya berharap mahasiswa Undika atau akademik bisa mengimplementasikan ilmu manajemen yang utamanya di pariwisata, karena hal tersebut sebagai langkah awal yang pemkot butuhkan.

"Jadi mahasiswa aktif dalam kegiatan gelar budaya kota, kegiatan destinasi wisata dan lainnya. Mahasiswa ini pastinya memiliki ide yang lebih cemerlang dan baru, dan pastinya dapat menarik lebih banyak wisatawan," paparnya.

Gerakan mahasiswa tersebut sangat penting, kata Hasti, karena 2022 nanti Pemkot Surabaya berencana membuat destinasi kota baru, kemudian membangkitkan destinasi wisata yang lama, menjaga keberlanjutan wisata dengan mengkolaborasikan ke semua stakeholders di Pentaholic.

Dalam peresmian peminatan Manajemen Pariwisata yang dibarengi dengan Webinar Tourism In Digital Era ini Undika atau STIKOM Surabaya memberikan  potongan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dari 25% sampai dengan 100% selama 1(satu) semester.

Beasiswa Potongan Biaya Pengembangan (BP) / Uang Pangkal sesuai periode registrasi (Periode 2 --> 40%)  dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi bagian marketing atau cek di link https://penmaru.dinamika.ac.id/read/18.Fiy


SEARCH