Undika Bekali Security Management System Agar Mahasiswa Ahli Amankan Informasi Perusahaan

Cetak
Image 13 Dec 2021

Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) bekali security management system agar mahasiswa atau alumni ahli dalam mengamankan informasi perusahaan tempat kerjanya atau usahanya sendiri. Pembekalan tersebut dilakukan dalam sertifikasi information security management system ISO/IEC 27001 foundation. 

“Seritikasi ini baru pertama dilakukan karena melihat pesatnya perkembangan teknologi,” kata kata Kepala Program Studi S1 Sistem Informasi Dr. Anjik Sukmaaji, S.Kom., M.Eng. 

Menurutnya sertifikasi ini sangat penting untuk mahasiswa, kata Anjik, karena ahli bidang cyber security semakin banyak dicari di Era Digital saat ini. Sehingga mahasiswa Undika selain lulus dengan predikat Sarjana Komputer bidang Sistem Informasi juga memiliki kemampuan lebih di bidang Cyber Security berstandar Internasional yang dengan mengakomodasi materi Sertifikasi ISO/IEC 27001.

“Dan bagi yang lolos seleksi internal, berhak mengikuti ujian sertifikasi ISO/IEC 27001 sebagai sertifikat tambahannya,” ungkap Anjik.

“Dalam sertifikasi pertama ini pesertanya dari 2 kelas di mata kuliah cyber security, dan semester ini ada 57 mahasiswa dari angkatan 2018 dan 2019,” kata dia. 

Dari jumlah mahasiswa tersebut dilakukan seleksi atau penyaringan yang layak untuk diikutkan sertifikasi. Dosen pengampu mata kuliah melakukan seleksi atau  tes yang hasilnya diikutkan sertifikasi.  

Anjik menyampaikan dari tahap tes tersebut sebanyak 30 mahasiswa yang lolos dan mengikuti sertifikasi internasional ISO 27001 ini.

“Dan setelah mengikuti sertifikasi sebanyak 27 mahasiswa yang berhasil lulus,” kata dia. 

Menurutnya, dengan lulus sertifikasi ini mahasiswa mampu menguasai beberapa hal yakni Chief Information Security Officer, IT Security Architect, IT Security Consultant,  Security Director, Information Security Specialist. Harapannya dengan sertifikasi ini alumni Undika memiliki keahlian khusus dan unggul. 


Undika : Lathifiyah

354 kunjungan