Sebelum Ikuti Wisuda, Calon Wisudawan ke 48 Dibekali untuk Melek Teknologi

Cetak
Image 27 Oct 2021

Sebanyak 132 mahasiswa calon wisudawan mengikuti Pembekalan Calon Wisudawan pada Selasa (26/10). Mengangkat topik Strategi Berkarir di Era Digital, Pusat Layanan Karir dan Alumni (PLKA) Universitas Dinamika (Undika) sebagai penanggung jawab acara ini menghadirkan  Prof. Dr. Drs. H. Henry Subiakto SH, MA., sebagai pembicara.

Dalam kesempatan tersebut Henry banyak menjelaskan tentang dunia kerja saat ini yang berbeda dengan jaman-jaman sebelumnya. Ia menjelaskan bahwa saat ini kehidupan manusia tidak terlepas dalam kendali teknologi. “Teknologi saat ini tidak hanya menciptakan sharing ekonomi namun juga technology of attentions”. Yang dimaksud technology of attentions menurut Henry adalah kegiatan seseorang mem-follow dan mengikuti sebuah akun influencer sehingga hal tersebut menjadi kekuatan sharing ekonomi pada influencer tersebut. Hal ini menjadi penting pada saat ini, karena dunia kerja sudah memasuki revolusi industri 4.0 dimana banyak sekali perubahan dan pemanfaatan teknologi di dalamnya sehingga segala hal bisa dilakukan secara efektif dan efisien hanya melalui smartphone.


Lebih lanjut, Henry juga menuturkan bahwa di era digital ini banyak menghadirkan pekerjaan baru, seperti peluang menjadi seorang digitalprenuer terbuka luas. “Semua bidang ilmu nantinya akan menggunakan teknologi, jadi para lulusan harus bergerak dinamis agar mendapatkan kesempatan yang bagus dalam pekerjaan nantinya,” ungkap Henry.

Dalam jaman annus mirabilis yang menurut penuturan Henry merupakan tahun keajaiban ini, ia menghimbau seluruh mahasiswa calon wisudawan untuk mau memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak terlebih dalam meninggalkan jejak digital. Ia berpesan untuk lebih bijak dalam bermedia sosial karena meskipun terdengar sepele, tidak jarang beberapa perusahaan melakukan pengecekan pada profile pribadi media sosial para kandidat pelamar.

"Adik-adik harus dapat belajar dan beradaptasi dengan teknologi secara cepat karena teknologi akan men-distrupt manusia yang masih bekerja secara manual dan nanti akan digantikan oleh artificial intelligence,” tuturnya. Ia juga berharap para mahasiswa calon wisudawan tetap semangat untuk mengembangkan skill dengan mengikuti pelatihan ataupun sertifikasi-sertifikasi. Hal tersebut karena yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusaahan modern saat ini adalah kepribadian menarik, kolaborasi yang baik antar team, networking yang luas serta memiliki imajinasi dan ide-ide yang menginspirasi.

Di sisi lain, Tri Sagirani yang juga menjadi moderator dalam kegiatan tersebut juga berpesan kepada mahasiswa calon wisudawan jika sukses nantinya diharapkan mau memberikan waktu luang untuk menceritakan kesuksesan mereka kepada adik-adik kelasnya. “Manakala ada kebaikan yang dimunculkan oleh kampusmu, manakala ada kebaikan yang dilahirkan dari perjalanan studimu. Mohon itu dikenang sebagai kebaikan,” tutur Tri.

Melalui kegiatan ini pula Tri memberikan kesempatan bagi para mahasiswa calon wisudawan untuk menyampaikan aspirasi mereka. Tri melemparkan beberapa pertanyaan seperti siapa dosen terkeren, siapa teman yang paling banyak membantu selama perkuliahan, pengalaman menarik apa yang didapatkan selama di kampus, apa yang kamu banggakan dari kampusmu hingga hal-hal apa yang perlu diperbaiki untuk kedepannya. Hal ini dilakukan sebagai sarana evaluasi bagi Undika untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para mahasiswa di tahun mendatang.

 

Humas Undika : Clara


270 kunjungan