Dua Mahasiswa Undika Ikuti Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2021

Image 08 Jul 2021

Dua mahasiswa Universitas Dinamika (Undika) mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2021. Kedua mahasiswa tersebut Muchammad Gusthomi dari Program Studi Manajemen angkatan 2017 serta Imam M. Fauji dari Program Studi Desain Komunikasi Visual angkatan 2018. Keikutsertaan dua perwakilan mahasiswa tersebut bukanlah kali pertama dalam ajang pemilihan Duta ini. Sebelumnya Imam pernah mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata Yak & Yuk Lamongan. Sedangkan Thomi, panggilan akrab Gusthomi pernah mengikuti Duta Madura, Duta Kamtibnas dan yang terakhir sebelum mengikuti pemilihan Raka Raki 2021 ini adalah Duta Wisata Kacong Jebbing Bangkalan. 

Setelah keduanya menjadi Duta perwakilan kota masing-masing, mereka meneruskan langkah dalam ajang pemilihan Duta Wisata Raka Raki 2021 yang nantinya akan menjadi Duta Perwakilan Jawa Timur. Proses yang keduanya lalui pun tidaklah mudah, mereka harus lolos seleksi dari persyaratan yang diberikan, kemudian mengikuti kegiatan Pra Karantina mulai dari tanggal 12 Juni sampai 25 Jun 2021. “Kegiatan pra karantina tersebut dilakukan secara daring dan diisi oleh pemateri-pemateri yang sangat berkompeten di bidangnya,” tutur Thomi. 


Ia mengaku bahwa selama satu bulan penuh ia mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pra karantina, dengan melakukan sharing dan metoring bersama senior paguyuban Kacong Jebbing Bangkalan secara daring. Beberapa kegiatan dalam proses pra karantina tersebut diantaranya adalah promosi wisata dan UMKM melalui digitalisasi, public speaking for Tourism Ambassador, wawasan dan komunikasi bisnis marketing, personality development dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak kegiatan tersebut, Thomi mengatakan bahwa materi promosi wisata dan UMKM melalui digitalisasi adalah kegiatan yang paling berkesan untuknya. “Hal ini karena di Bangkalan sendiri UMKMnya sedang proses pengembangan sehingga ilmu ini Thomi rasa pas untuk terapkan di Bangkalan,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Thomi juga menuturkan bahwa dalam ajang ini ia mengangkat salah satu dari 17 sub sektor ekonomi kreatif yaitu tentang fotografi. Bidang tersebut dipilih karena ia melihat banyak pemuda pemudi Bangkalan yang sedang gemar bereksplorasi di bidang fotografi. Namun adanya pandemi Covid-19 membuat dunia fotografi terdampak. “Banyak dampak yang dialami oleh teman-teman fotografer saat pandemi ini dan saya prihatin. Oleh karena itu saya bermaksud untuk memberikan wadah bagi para fotografer untuk meningkatkan kemampuannya”, jelas Thomi. Meskipun banyak kesibukkan di perkuliahan, Thomi berharap bisa memberikan yang terbaik dalam ajang pemilihan Raka Raki ini. Ia berharap jika nantinya terpilih menjadi Raka Raki Jawa Timur 2021, bisa turut berkontribusi dalam meningkatkan SDM yang ada di Jawa Timur sesuai dengan program Ibu Gubernur Jawa Timur Nawa Bhakti Satya (Jatim Kerja). “Terlebih karena background kuliah saya di kampus IT, saya yakin dapat mewujudkan program tersebut dengan bekerjasama dengan dinas terkait”, pungkasnya. 

Humas Undika : Clara Ayu

Edit : Lathifiyah


SEARCH