Masuki Semester 20.2, Para Dosen Undika Ikuti Pelatihan Teknik PJJ

Cetak
Image

Dalam meningkatkan proses kegiatan pembelajaran jarak jauh, Dosen Universitas Dinamika mengikuti pelatihan dalam meningkatkan kreativitas mengajar melalui video dan media digital. Pelatihan yang dilaksanakan memalui daring tersebut berlangsung pada 3-4 Maret 2021.

Selama pelatihan, motivator dan trainer dari HeartSpeaks Indonesia mengajarkan cara mengoperasikan zoom meeting mulai dari tampilan video, audio dan beberapa fitur untuk interaksi antara pembicara dan audien.

“Jika ruang belajar secara daring sudah memadai, dosen harus membuat strategi dalam memberikan materi kepada mahasiswa agar mudah dipahami dan diterima,” kata Founder dan Master Trainer of HeartSpeaks Indonesia Frans Budi Santika.


Ia menjelaskan setiap dosen harus menyiapkan materi dengan matang sebelum kelas berlangsung. Selanjutnya, komunikator atau dosen harus memperhatikan tampilannya saat mengajar, yakni memposisikan diri sebaik mungkin dalam layar secara proporsional.

Jangan sampai background mencolok, kata Frans, karena semua yang terlihat dalam layar merupakan pesan untuk audiens. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah feedback mahasiswa setelah memperoleh materi dari dosen.

Disamping itu, Rektor Undika Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. menyampaikan banyak terimakasih pada para dosen yang berjuang mencerdaskan anak bangsa meski dalam masa pandemi.

Pandemi ini belum berakhir dan menyisakan banyak cerita sedih. Untuk itu, kita semua harus tetap menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan yang benar,” kata dia.

Menurutnya mengajar adalah sebuah seni, setiap dosen harus bisa mengukur kualitas proses belajar jarak jauh. Ketika dosen merasa damai dan puas setelah memberikan materi, ada kemungkinan besar materi yang disampaikan sudah benar dan diterima dengan baik oleh mahasiswa.

“Jadi, kalau berat setelah mengajar brrti ada salah konsep. Ini akan turun temurun ke adik-adiknya. Jadi harus bisa memberikan pembelajran yang bagus dan ada rasa damai usai mengajar,” paparnya.

Ia berharap dengan pelatihan dalam meningkatkan strategi belajar jarak jauh ini para Dosen Undika atau STIKOM Surabaya ini bisa dilakukan secara komprehensif. Fiy


548 kunjungan