Satu Ruang - Universitas Dinamika (Undika) memamerkan sejumlah koleksi dalam pameran Museum Satu Ruang mulai Senin hingga Jumat (21/9). Warga  kota dapat menikmati tiga museum sekaligus ini secara virtual maupun offline, yakni Museum Teknoform, Museum Blockbuster, dan Museum Huruf Jember.

Surabaya, Surya - Universitas Dinamika (Undika) yang dulu dikenal sebagai Stikom menggelar pameran  'Museum Satu Ruang' hingga Jumat (21/9). Pengunjung dapat menikmati destinasi baru ini secara online maupun offline.

Pameran yang diselenggarakan di Serbaguna Undika ini menyatukan tiga museum, yakni Museum Teknoform, Museum Blocbuster, Museum Huruf Jember, dalam satu ruang.

"Jadi, ada kolaborasi koleksi antarmuseum. Kami menampilkan secara online dalam bentuk vlog, virtual tour, dam video 360," kata Kepala Museum Teknoform, Ryan Adi Djauhari.

Undika juga akan menggelar diskusi interaktif dengan perwakilan museum secara live agar pengunjung virtual bisa mengenal koleksi yang dipajang pada pameran Museum Satu Ruang.

Warga Surabaya dapat berkunjung ke pameran, tapi harus sesuai dengan protokol kesehatan, sekaligus pembatasan pengunjung. Mereka dilarang menyentuh koleksi museum agar tidak terjadi penularan Covid-19 melalui benda.

"Selain menambah wawasan tentang sejarah koleksi museum, pengunjung bisa berswafoto pada koleksi yang dipajang dipamer-pameran," ujar pria yang juga Kabag Public Realtion Undika ini.

Museum Huruf Jember merupakan museum khusus berisi berbagai koleksi aksara, huruf, dan font di Nusantara maupun dunia. Beberapa barang yang dipamerkan meliputi Heroglif Mesir, Pallawa Nusantara, Cuneriform Sumeria.

Museum Teknoform Undika memberikan tampilan alat teklogi dan informasi dari masa lalu hingga masa sekarang.,"Beberapa koleksi yang dipamerkan meliputi Mesin ketik, Alat tulis dari masa ke masa, media penyimpanan, dan lainnya," urainya.

Koordinator Marekting dan Event Blocbuster, Febri Herdiana Putra menyampaikan, Museum Blockbuster berlokasi di kawasan Kenjeran, mengoleksi action figure, live action diorama, statue, movie props, memorabilla hingga life size statue.

Museum ini mengusung tema pop culture terbesar, terlengkap dan pertama di Indonesia. Koleksi yang dipamerkan dalam Satu Ruang meliputi infinity dauntlet life size replica, Thanos statue, dan karakter hero lainnya.

"Kami mencoba mengambil satu item-item seperti dioramanya, karakter heronya, dan propertinya. Harapannya, bisa mengubah stigma, kalau karakter-karakter seperti ini bukan sekadar mainan, tapi media edukasi dalam perfilman," tuturnya. (ovi)